Telemeter and Pulsation Chronograph: How to read?


Pada posting sebelumnya saya sudah membahas mengenai bagaimana cara membaca skala Tachymeter pada sebuah jam Chronograph analog. Fungsi chronograph tidak hanya digunakan untuk mengukur kecepatan sebuah object pada rentang jarak tertentu, tapi juga banyak fungsi lain. Fungsi lain yang dibahas pada posting kali ini adalah Fungsi Chronograph Telemeter dan Pulsation.

TELEMETER CHRONOGRAPH.

Chronograph Telemeter berfungsi untuk mengukur jarak sebuah fenomena (kejadian) yang terlihat dan kemudian terdengar. Saat sebuah fenomena terlihat secara visual, fungsi chronograph diaktifkan dengan menekan tombol chronograph atas. Kemudian saat terdengar suara dari fenomena itu, matikan fungsi chronograph dengan menekan tombol bawah. Posisi jarum detik besar akan menunjukkan sebuah angka dan itulah jarak antara anda dan fenomena tersebut.


Contohnya adalah untuk mengukur jauh jarak sebuah petir yang terlihat kilatannya dan kemudian terdengar suaranya oleh pengamat. Perhitungan jarak ini didasarkan pada standar kecepatan bunyi di udara yang memiliki kecepatan sekitar 340m/ detik. Gambar dibawah adalah contoh sebuah jam yang menggunakan fungsi chronograph Telemeter dengan standar jarak dalam satuan Kilometer (Km).



PULSATION CHRONOGRAPH

Jam chronograph dengan fungsi Pulsation seringkali disebut sebagai doctor's watch karena emmang fungsinya adalah untuk menghitung denyut nadi seseorang. Penghitungan denyut dimulai bersamaan dengan saat fungsi chronograph diaktifkan. Saat denyutan mencapai 30 kali, fungsi chronograph dimatikan. Dalam jam Pulsation terdapat 3 standar penghitungan denyut yaitu pada denyutan ke-10, 20 dan 30 kali. Tergantung dari standar penghitungan yang digunakan jam itu. Setelah fungsi chronograph dimatikan, angka yang ditunjukkan oleh jarum detk besar adalah banyaknya rata-rata denyutan per menit.

Gambar dibawah adalah contoh dari sebuah jam chronograph Pulsation dari brand Seiko yang dibuat tahun 70-an. Pengukuran denyut pada jam ini menggunakan standar dasar 10. Diameter jam ini besar sekitar 42-43mm dan semakin sulit didapat.


Contoh jam Pulsation chronograph dibawah menggunakan dasar perhitungan 30 dan dibuat oleh Vacheron Constantin pada tahun 40-an. jam ini sangat cantik dan langka!

Detail dial jam. (gambar diambil dari internet)



0 Responses So Far: