Seiko Bellmatic 17 and 27 Jewels: The Different


Bellmatic adalah salah satu produk Seiko yang dapat dimasukkan dalam kategori complicated watch karena adanya fungsi alarm dalam sebuah movement mekanik. Hampir semua jam Seiko Bellmatic menggunakan automatic movement cal.4006A yang diproduksi dari tahun 1967-1977 dengan mengeluarkan 3 versi 17, 21 dan 27 jewels. Posting ini hanya akan membahas perbedaan antara 2 jenis bellmatic yaitu versi 17 jewels yang lazim ditemui dan versi 27 jewels yang lebih jarang.
Perbedaan pertama kali adalah saat caseback dibuka. Pada rotor akan terdapat informasi mengenai jenis movement yang digunakan. Ini juga salah satu cara bila kita ingin mengetahui bahwa bellmatic yang kita beli memang sesuai pakemnya. Karena bisa saja tulisan di dial 27 jewels tapi ternyata movement yang digunakan tertulis 17 jewels.



Perbedaan kedua akan terlihat saat kita mengangkat rotor. Penambahan 2 jewels terdapat pada bagisn yang ditunjukkan oleh panah pada gambar di bawah.

Perbedaan berikutnya akan terlihat saat kita mengangkat roda mainspring (paling besar) dan roda untuk alarm (paling atas). Komponen dibawahnya terlihat ada penambahan jewels pada as roda yang diangkat. Jadi total penambahan yang sudah teridentifikasi adalah 4 buah.


6 sisa jewels terletak dibawah dial. Gambar dibawah adalah posisi movement dibalik dengan dial menghadap keatas dan dilepas. Dibawah dial akan terdapat ring tanggal dan hari (pada gambar dibawah ring sudah dilepas)


Gambar dibawah menunjukkan lokasi 6 jewels tersisa yang terdapat dibawah ring calendar. Penambahan jewels pada tempat-tempat tersebut diyakini akan mengurangi friksi antar parts dan hal ini menyebabkan pergerakan parts menjadi lebih mulus dan akurasi juga meningkat. Diyakini Seiko melakukan hal ini sebagai upgrade terhadap movement standard 17 jewels. Namun belum ada penjelasan mengapa Seiko tidak meneruskan produksi versi 27 jewels ini (diskontinue 1974) dan tetap melanjutkan versi 17 jewels sampai tahun 1977.



0 Responses So Far: