PANERAI: The Early Products


Adalah seorang Giovanni Panerai (1825-1897) sebagai seorang italia yang membangun Panerai di kota Florence, Italia. Keahliannya dalam membuat instrumen dan alat bantu khususnya untuk para profesional membuat Panerai akhirnya memiliki banyak kontrak eksklusif dengan angkatan bersenjata beberapa negara dan terbesar adalah Italia.

Kondisi politik yang tidak stabil dalam paruh kedua tahun 1930 membuat AL Itali memesan jam-jam khusus dalam air kepada Officine Panerai melalui sebuah komisi yang dibentuk. Sebelumnya OP juga merupakan vendor tetap yang mensuplai beberapa alat bantu untuk AL Itali termasuk didalamnya adalah underwater compass dll. Selama PD ke-2 jam dan instrumen yang dibuat oleh Panerai merupakan standard-issue tools bagi pasukan katak, SLC torpedo riders dan para commando. Kombinasi dari tools wajib saat itu seperti gambar dibawah dan disebut sebagai 'TRITTICO'

Dari tahun 1930 sampai tahun 1980, Panerai masih membuat jam-jam diver dan alat-alat bantu diver lainnya dan kemudian mulai fokus pada pengemangan jam diver. Hampir semua jam-jam selam mereka menggunakan movement dan casing yang secara eksklusif dibuat oleh Rolex. Jam-jam yang masih menggunakan movement dari Rolex biasanya hanya menggunakan 2 jarum saja (jam dan menit), seperti yang banyak ditemui pada desain-desain Panerai modern. Jam prototype Radiomir menggunakan casing dengan diameter 47mm yang dibuat oleh Rolex, selain itu casing dan winding crown juga di supply oleh Rolex. Prototype ini dinamakan '2533'.

Contoh jam Panerai yang dialnya dibuat juga oleh Rolex adalah tipe '3646' yang salah satu dialnya menggunakan model 'californian dial'. Dial model ini menggunakan index roman dial untuk angka-angka bagian atas dan separuhnya menggunakan arabic number. Panerai kemudian tidak lagi menggunakan desain californian dial dan kembali ke desain-desain awal yang lebih sederhana.



Panerai 3646 dibuat dalam beragai variasi dial sejak 1938 sampai 1950. Tipe ini juga digunakan oleh pasukan katak Jerman "Kamppfschwimmer" dengan dial yang steril (tidak ditulis brand pada dial). Tidak ada dokumentasi mengenai berapa banyak tipe 3646 yang dikirimkan ke Jerman. Pada desain 3646 mengalami perubahan dengan menggunakan bezel yang lebih tinggi dengan 'sandwich dial'.

Pada tahun 1997 setelah diakuisisi oleh Vendome/Richemont Group, Panerai mengeluarkan versi re-edition dari tipe 3646 ini (PAM 21) dengan menggunakan bahan platinum dan menggunakan movement Rolex vintage. Gambar dibawah adalah perbandingan antara prototype 2533 dengan tipe 3646.

Gambar dibawah menunjukkan perbandingan antara re-edition PAM 21 (kiri) dan versi asli 3646 (kanan). Keduanya menggunakan movement dari Rolex Cal.618 dengan 17 jewels. Panerai hanya membuat sekitar 60 buah tipe PAM 021 ini sesuai dengan usia tipe klasik ini yag diproduksi pertama kali tahun 1938. Sebuah toko online menjual tipe PAM 021 dengan harga US$ 220,000!

Pada periode selanjutnya, Panerai juga menggunakan movement dari produsen jam lain yaitu Angelus. Hal ini merupakan jawaban dari kebutuhan akan sebuah jam dengan power reserve lebih lama. Movement yang digunakan adalah manual movement cal.240 dengan power reserve 8 days. Jam ini didokumentasikan sebagai ref.6152, 6152/1 dan 6154 dengan casing masih dibuat oleh Rolex.



Untuk tipe 6152/1 ini Panerai juga membuat seri re-edition dengan ref PAM 127 atau "Luminor 1950" dengan menggunakan protection crown karena tidak semua tipe 6152/1 menggunakan protection crown.

Pada tahun 1954, Panerai mengeluarkan tipe 6154 yang dibuat khusus atas permintaan dari angkatan laut mesir. Sesuai permintaan, 6154 yang dibuat menggunakan dial radioactive model lama. Jam dibuat dalam jumlah sedikit dan tanpa menggunakan protection crown. Desain casing dibuat berbeda dari Panerai sebelumnya (6152 dan 6152/1). Tipe ini sering disebut juga sebagai "Small Egiziano", dan diikuti pada tahun 1956 dengan desain casing yang sama sekali baru (diameter 60mm) dan dengan menggunakan protection crown, dibuat versi baru GPF 2/56 yang disebut sebagai "Big Egiziano". Gambar dibawah adalah model GPF 2/56. Movement yang digunakan adalah Angelus 8 days. Tipe GPF 2/56 ini kemudian dikembangkan untuk desain Panerai modern yaitu "Luminor Submersible" dengan menggunakan desain bezel yang sama namun dalam casing yang lebih kecil (44mm).

Selama periode 1956 sampai akhir 1980an ada beberapa jam prototype yang dibuat. Contohnya adalah Panerai yang dibuat menggunakan bahan titanium (tahun 1960 dengan movement Rolex) dan dengan bahan aluminium (tahun 1980 dengan movement ETA). Prototype aluminium telah di tes ketahanan air 1000m ("Mille Metri"). Gambar dibawah adalah salah satu contoh jam prototype bahan aluminium yang menggunakan movemenrt dari ETA.

Jam prototype yang lain didesain tahun 1940 yang tidak pernah sampai ke line produksi, yaitu tipe chronograph untuk deck officers, namanya "Mare Nostrum". Nama ini sebelumnya pernah digunakan untuk penghitung waktu peluncuran torpedo. jam tersebut menggunakan bi-compax chronograph dan menggunakan dial 'Radiomir'. Panerai akhirnya membuat model chronograph yang dibuat pada masa Pre-Vendome (1997). Jam-jam chronograph yang belum terjual pasca pengambil alihan oleh group Vendome/Richemont, diambil oleh group tersebut dan dibuat versi berbeda (PAM 006, 007 dan 008) dengan desain bezel yang berbeda serta 3 variasi warna: putih, hitam dan biru.

Perkembangan brand Panerai setelah masuk dalam group richemont semakin baik dan banyak desain-desain baru yang dibuat namun selalu mengacu pada desain-desain klasik. Saat ini desain klasik Panerai dibagi 2 yaitu tipe Luminor dengan casing monoblock dan Radiomir yang menggunakan wire loops.


0 Responses So Far: