PANERAI: The Beginning


Sudah banyak yang mengetahui kalau Panerai lahir karena adanya permintaan khusus dari AL Italy pada pertengahan tahun 30-an yang membutuhkan sebuah alat bantu bagi pasukan kataknya. Mengapa khusus untuk pasukan katak? Pada pertengahan tahun 30-an, hubungan antara Italy dan Inggris memanas dan sepertinya akan berakhir dengan peperangan. Pasukan Itali menyadari bahwa kekuatan perang mereka tidak cukup kuat untuk melawan pasukan Inggris terutama jumlah dan jenis kapal perangnya. Untuk itu AL Itali menggunakan strategi tidak menyerang diatas air tapi menyerang dan membri kejutan 'dari bawah'.

Kejutan dari bawah ini membutuhkan pasukan khusus yang bertugas menyerang dan memasang bahan peledak di lambung kapal Inggris dan meledakkannya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Untuk mengakomodasi kebutuhan itu maka AL Itali membutuhkan sebuah alat bantu lagi berupa jam tangan yang tangguh, kedap air dan terlihat seara jelas dalam gelap

Menurut dokumen yang ada, Perdana Menteri Itali atas dasar rekomendasi yang diberikan dari unit kapal selam membentuk sebuah komisi yang bertugas untuk mendesain dan membuat sebuah jam diver yang memenuhi kriteria mereka. Komisi ini bekerja sama dengan pihak luar (vendor) yang telah berpengalaman dalam membuat alat bantu militer. Salah satu kriteria utama yang harus terpenuhi adalah kemudahan membaca dalam kondisi gelap dan konstruksi yang kuat.

Sebenarnya pada masa itu sudah ada beberapa produsen jam yang memproduksi jam diver. Namun rata-rata jam tersebut tidak memenuhi kriteria yang diharapkan oleh komisi itu terutama kemudahan terlihat dalam gelap dan tingkat kekedapan terhadap air. Komisi kemudian menghubungi Panerai yang saat itu memang merpakan salah satu produsen alat-alat bantu militer dan salah satu klien besarnya adalah Angkatan bersenjata Italia. Saat itu Panerai membuka sebuah toko alat-alat bantu profesional tersebut dengan nama L'OROLOGERIA SVIZZERIA. Panerai saat itu memang ahli dalam membuat alat bantu profesional dan militer khusus untuk dalam air. Tools seperti kompas bawah air, alat pengukur kedalaman, kalkulator mekanik untuk peluncuran terpedo dll adalah tools yang banyak dibuat. Mengingat Panerai memiliki hubungan yang baik dengan produsen jam dari Swiss (salah satunya adalah Rolex), maka Panerai menyanggupi untuk bergabung dengan project ini. (Gambar dibawah adalah contoh tools yang terus dibuat oleh Panerai )

Pada tahun 1936, Panerai mengeluarkan untuk pertama kalinya prototype dari jam diver mereka sebagai hasil kerjasama antara Panerai dan AL Italy. Desainnya sangat khas dengan wire loops yang dipatri menyatu dengan casing. Untuk memudahkan melihat dalam gelap, diameter dibuat besar sekitar 47mm dan digunakan diluar baju selam mereka. Jam-jam pertama mereka tidak menuliskan identitas apapun termasuk brand karena jam-jam ini memang khusus dibuat untuk kepentingan militer. Hal ini disengaja karena dalam strategi perang apabila ada angota pasukan yang ditankap, pihak musuh tidak akan dapat membaca dan mendapatkan informasi apapun mengenai tools yang digunakan. Karena kalau segala tools atau info apapun yang bisa terdeteksi dapat digunakan oleh musuh unutk menghancurkan fasilitas tersebut.

Panerai mengeluarkan tipe Radiomir seperti diatas sebagai jam prototype mereka yang dikhususkan bagi anggota pasukan katak Itali. Nama Radiomir digunakan karena bahan yang digunakan untuk pelapis indeks jam dapat bersinar dalam gelap dan merupakan campuran Zinc Sulphide dan Mesothorium. Sedangkan untuk kristal menggunakan material Perpex (buka sappire crystal) yang sangat kuat.
Mendekati tahun 1937, hubungan antara Italia dan Inggris mulai mencair dan kondusif sehingga project antara Panerai dan AL Italia pun terhenti. Namun pada tahun 1938 mendekati 1939, situasi kembali memanas antara kedua negara itu dan hal ini juga membuat komisi membuka kembali project Panerai. Untuk jam Panerai generasi kedua ini dibuat berbeda sekali dengan generasi sebelumnya. Wire loops tidak lagi digunakan da sebagai gantinya adalah lugs yang lebih besar dan kokoh yang merpakan satu kesatuan blok baja dengan casing. Desain indeks juga tidak lagi dicetak diatas dial tapi menggunakan 2 lapis lempengan dial dimana lapisan dibawah dilumuri dengan zat yang sama yang digunakan pada generasi sebelumnya agar mudah terlihat dalam gelap. Desain dial 2 lapis ini kemudian dikenal sebagai 'sandwich dial'. Pada generasi kedua ini protection guard (seperti gambar dibawah) belum digunakan.

Desain diatas sampai saat ini masih digunakan dan disebut sebagai tpe Luminor, sedangkan tipe Radiomir merujuk pada desain jam yang menggunakan wire loops.


0 Responses So Far: