Nice Design for Vintage Watches Ads


Mencermati iklan-iklan jam pada jaman 50-70an sangat menarik, terutama jaman di saat sebuah teknologi horologi baru ditemukan dan diproduksi secara massal. Coba anda lihat iklan jam Accutron dibawah ini. Accutron pada era akhir 60-an dan sepanjang tahun 70-an begitu dikenal dengan membuat terobosan baru dalam dunia horologi, yaitu dengan penemuan tuning fork. Jam dengan movement tuning fork di-klaim sebagai jam yang paling akurat di dunia saat itu. Masyarakat yang terbiasa dengan jam mekanikal tidak akan bisa mendengar bunyi movement dalam movement tuning fork ini karena jam tuning fork ini tidak berdetak tapi berdengung karena getaran tuning fork yang sangat cepat. Iklan Accutron masa itu begitu provokatif dan agresif...


Gambar dibawah adalah iklan dari Rolex pada tahun 70-an. Jenis yang diiklankan adalah seri Submariner. Iklannya menurut saya sederhana namun pesan yang hendak disampaikan mengena. Pakaian perwira AL yang terlihat menunjukkan bahwa jam ini bukan jam sembarangan, dan seragam itu juga mengantarkan pesan bahwa jam ini dipercaya oleh kaum profesional dan militer untuk menunjang kegiatan mereka (tangguh).
Iklan di bawah sangat atraktif dari segi pewarnaan. Iklan Mido Multifort dan Buren ini dari tahun 50-an. Cukup eye-catching untuk membuat seseorang melihat dan membacanya. Iklan Buren saya suka dari penggunaan warna yang cenderung monochrome coklat.



Iklan Technos dan Zenith dari tahun 50-an ini juga saya suka karena penggunaan warna yang kalem dan sederhana. Secara visual desain Technos lebih menarik namun desain Zenith lebih eye catching.



Serupa dengan iklan Rolex yang menampilkan seragam seorang perwira AL, iklan Rolex Submariner dari tahun yang sama ini juga ingin menyampaikan pesan serupa dengan yang diatas. Dari segi komposisi menarik. Pembaca menjadi fokus pada jam yang digunakan. Warna black and white menambah kesan maskulin dan tangguh. Iklan Omega disebelahnya ingin menunjukkan bahwa desain seri Dynamic mereka memang mengikuti bentuk pergelangan tangan manusia baik laki-laki maupun perempuan. Saat itu memang baru Omega yang mendesain jam seperti ini dan akhirnya menjadi salah satu icon desain tahun 70-an.


Iklan jam Elgin dan Hamilton ingin menunjukkan ketangguhan jam tersebut. Elgin yang diiklankan sebenarnya adalah sebuah dress watch tapi dalam gambar diperlihatkan bahwa jam mereka sanggup juga untuk dibawa dalam aktifitas yang penuh gerakan seperti olah raga. Hal lain yang ingin ditunjukkan adalah kualitas Elgin yang semakin baik dalam casing water proof-nya. Memang pada era 60-an jam-jam dengan kemampuan water resist mulai banyak dibuat dan saat itu mungkin teknologi seperti itu merupakan hal baru. Sedangkan iklan Hamilton dari tahun 70-an ini menunjukkan fungsi jam yang bisa digunakan untuk para proffesional diver..iklannya cukup provokatif!


Masih banyak lagi iklan-iklan jam lama yang menarik untuk dicermati dan dinikmati. Kita juga seperti dibawa kembali oleh 'mesin waktu' ke jaman yang ditampilkan pada iklan-iklan itu...


0 Responses So Far: