Size Yourself the Bracelet


Seringkali kita bingung saat tahu bahwa jam yang kita beli ternyata rantainya masih terlalu longgar. kalau rantai itu memiliki lubang untuk menggeser sisi ujung rantai mungkin tidak masalah, tapi bagaimana kalau rantai itu ternyata harus kita potong? anda bisa lakukan sendiri dengan membeli perlengkapan yang memang khusus untuk memotong rantai. Alatnya berupa Pin extractor (pendorong pin) dan sebuah tang lancip kecil. Alat ini bisa ditemukan di toko-toko jam...(ya iyalah masa di Breadtalk!).


Untuk mempermudah prosesnya, sebaiknya rantai yang hendak dipotong dilepas dulu dari casing jam. Kemudian lihat di sisi dalam biasanya terdapat logo anak panah yang menunjukkan pada sisi mana pin harus ditekan agar bisa keluar. Ini penting diketahui agar tidak terbalik dalam melakukan yang bisa mengakibatkan pin rusak.


Letakkan rantai didalam pin extractor dan posisikan lubang pin pada rantai sejajar dan searah dengan jarum pendorong pin.



Setelah jarum pendorong pin bisa masuk ke lubang pin rantai, dorong alat tersebut dengan cara memutar tuas pin extractor sehingga jarum pendorong masuk dan mendorong pin keluar dari sisi lain rantai.

Pin pendorong tidak sampai mendorong pin keluar seluruhnya. Untuk itu dibutuhkan tang lancip untuk mencabut sisa pin yang keluar di sisi lain rantai. Dalam mencabut pin ini harus hati-hati dan harus tegak lurus karena kalau tidak pin bisa bengkok dan sulit lagi untuk bisa dimasukkan.


Untuk beberapa jenis rantai menggunakan selubung pin untuk menjaga agar pin tidak goyang. Contoh pada rantai Omega speedmaster ini menggunakan selubung pin. Untuk menyambung rantai kembali, lakukan kembali cara tersebut diatas dengan terlebih dulu memasukkan sebagian pin kedalam lubang dan didorong menggunakan pin extractor.
Setelah memotong pin, simpan potongan rantai dengan baik karena siapa tahu saat anda menjual jam anda si pembeli meminta sisa potongan rantai.



0 Responses So Far: