Omega Speedmaster On and Off Duty


Kita sering mendengar bahwa Omega Speedmaster adalah jam resmi yang digunakan oleh NASA sampai sekarang sebagai salah satu alat bantu penghitung waktu segala aktifitas di luar angkasa. Tapi mungkin tidak banyak dari kita yang melihat bagaimana Sang Speedy menemani para astronot baik pada saat bertugas maupun di aktifitas lain. Gambar-gambar dibawah adalah sebagian kecil momen yang berhasil ditangkap kamera yang menunjukkan Sang Speedy dalam menemani hari-hari Sang astronot.
Astronot Walter Schirra (kedua dari kiri) dan rekan astronot lain pada misi Apollo VII beberapa saat setelah mendarat kembali di bumi dan dibawa oleh kapal perang AS. Penampilan para astronot terlihat berubah menjadi tidak rapi (berjenggot dan berkumis). Di lengan kiri Schirra terlihat Omega Speedy. Momen ini diabadikan pada tanggal 22 Oktober 1968.

Foto bersama dengan pakaian astronot lengkap (termasuk Omega Speedy yang diikat dengan velcro di lengan kiri) para awak Apollo XII. Foto ini diabadikan tanggal 22 September 1969.

Astronot Buzz Aldrin saat berada diluar spaceflight EVA pada misi Gemini pada 14 November 1966.
Salam perpisahan astronot Komandan James Lovell sebelum keberangkatan ke ruang angkasa pada project Apollo XIII, 11 April 1970. Omega speedy terlihat dikenakan di lengan sebelah kanannya. I'm leaaaving on a jet plane....and I don't know when I'll be back again...
Astronot Richard Gordon pada project Apollo 12 mengenakan Omega speedy di lengan dalam pada saat sesi latihan simulasi tanggal 14 November 1969. Banyak yang meyakini bahwa setiap astronot diberikan 2 jam speedy dengan 2 jenis strap yang berbeda: velco strap warna hitam untuk dikenakan di jaket astronot dan velso strap warna terang (putih, beige) atau mesh bracelet untuk dikenakan di tangan.
Tim astronot Apollo I berfoto bersama dengan pakaian astronot di depan lokasi peluncuran. Diabadikan bulan Maret 1966.

Astronot Neil Armstrong mengenakan Omega Speedy di tangan kirinya saat observasi geologi sebelum misi Apollo XI berjalan.

Pada saat sesi briefing bagi para awak Apollo XI. Tampak gambar di tengah adalah Michael Collins mengenakan Omega speedy.

Kosmonot Nicholas Budarin dari ISS terlihat mengenakan 2 jam Speedy X33 prototype. Dalam misi ini Omega menyertakan prototype speedy terbaru yang diberi nama X33 karena itu semua astronot saat di kabin mengenakan jam ini.



0 Responses So Far: