Astronaut Gear from late 60s


Aktivitas pengiriman manusia ke angkasa luar membutuhkan persiapan yang sangat matang sampai hal-hal yang kecil sekalipun. Pada akhir tahun 60-an penerbangan manusia ke bulan dengan apollo XI merupakan pencapaian signifikan manusia terhadap teknologi. Dimana saat itu manusia untuk pertama kalinya mampu menjejakkan kaki ke bulan.
Gambar dibawah adalah perlengkapan seorang astronot yang digunakan oleh Neil Armstrong dengan Apollo XI. Salah satu tools wajib digunakan oleh para astronot adalah penunjuk waktu yang saat itu (dan masih sampai kini) dipasok oleh Omega dengan Omega speedmaster manual winding. (gambar kiri bawah).


Dalam salah satu buku panduan mengenai tools yang digunakan, ada satu halaman yang menuliskan secara detil fungsi dan cara menggunakan Omega speedmaster. Jam ini digunakan untuk menunjang kegiatan Extravehicular mobility unit (EMU). Jam Omega menjadi satu kesatuan dengan sarung tangan.



Kalau anda perhatikan, jam Omega speedmaster untuk para astronot ini menggunakan fixed lugs bar dan ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan velcro strap dan dililitkan di lengan jaket astronot.




0 Responses So Far: