2nd GTG for Vintage watches community


Tanpa terasa sudah 2 bulan lewat sejak GTG pertama kali, tanggal 26 April (Minggu) GTG ke-2 kembali diadakan di Bandung. Kali ini GTG diadakan di cafe Prefere jalan Juanda, Bandung. GTG kali ini yang menyempatkan hadir sebanyak 19 orang. Jumlah ini lebih sedikit dari GTG pertama namun jumlah jam yang dibawa oleh rekan-rekan milis lebih banyak. Tema utama GTG kali ini adalah Chronograph, namun banyak juga jam-jam antik (dan non-antik) yang bukan chronograph juga dihadirkan.

GTG seperti biasa dibuka oleh moderator milis Bung Hendra Kusuma yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan (kembali) para anggota, karena beberapa anggota yang baru pertama kali mengikuti GTG.


Jam 11.30 sudah hampir semua jam yang dibawa oleh rekan-rekan milis digelar di meja panjang. Hampir semua anggota saat itu asyik memperhatikan, memegang dan mengomentari jam-jam yang memang menarik yang tergeletak di atas meja. Beberapa item memang baru kali ini bisa melihat langsung aslinya. Ajang GTG ini juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota, memperluas perkawanan dan juga menimba ilmu kepada para senior yang sudah lebih lama bermain dalam horologi. Gambar dibawah adalah anggota baru milis jamie, yang sedang berdiskusi mengenai seluk beluk horologi dengan anggota senior (dari usia dan pengalaman) Om Robby.

Berikut adalah salah satu contoh koleksi yang dibawa pada GTG. Gambar di bawah adalah koleksi dari Bung Moderator Kusuma Omega Speedmaster Automatic cal.1045, Speedy mark 2 racing dial cal.861 dan Heuer Carrera (mantap euy!). Ketiga jam ini dalam kondisi yang masih sangat baik (terutama Heuer-nya)!

Saya sering melihat dan mendapatkan Omega Speedy Reduced automatic. namun baru kali ini saya melihat yang versi kombinasi Gold dan steel! sangat cantik!

Jam dibawah adalah salah satu jam yang ingin saya lihat dan pakai: Enicar Chronograph! jenis Enicar ini langka dan sangat jarang ditemui dalam kondisi yang bersih seperti ini! Jam ini adalah salah satu koleksi kebanggan dari Ariska (blog arlojiantique).

Nah ini dia salah satu jam yang menurut saya merupakan jam yang paling banyak dikomentari dan dinikmati: DOXA Orange Diver Chronograph! Warna orange-nya begitu melegenda di kalangan penggemar jam diver.

Bung moderator Kusuma bergaya dengan 4 buah jam Chronograph di tangannya: Kiri-Enicar chronograph dan Speedy moonwatch 1st gen dan kanan-Tutima military chronograph dan Seamaster chronograph mark 3. Pose ini mengingatkan saya akan pose salah satu rekan milis saat diwawancara dan difoto di majalah Tempo.

Warna orange begitu eye catching diantara banyak jam-jam yang bergeletakan diatas meja. Dan inilah Orange group pada GTG kali ini: Seiko Samurai, Seiko Sumo, Seiko MOnster, Seiko 5 sports dan Doxa.

Pada acara GTG kali ini untuk pertama kalinya diadakan lelang jam dari anggota milis. Beberapa item menarik berhasil terjual pada acara ini. Rekan-rekan sedang asyik mengamati jam-jam yang akan dilelang saat itu sebelum menentukan pilihan dan 'keberanian' untuk memberikan harga.



Acara lelang dipimpin oleh moderator denga sistem no reserve, jadi harga tertinggi yang berhak menjadi pemenang lelang. Harga dasar bervariasi dari mulai Rp.100 ribu dengan kenaikan Rp.10 ribu, Rp.50 ribu dan semaunya. Beberapa item tidak terjual karena mungkin tidak sesuai dengan jenis jam yang dicari. Berikut adalah contoh 3 item jam antik dari beberapa jam yang dilelang:

Seiko 5 Sports Speedtimer Automatic Chronograph cal.6139 dalam kondisi yang masih sangat bagus.
Smiths manual winding. Dengan jarum unik berwarna biru dan jarum detik berujung merah. Sangat menarik dan unik!

Ini adalah Seiko 5 Sportsmatic generasi awal yang paling mulus yang pernah saya lihat. Kondisi dan kebersihan dial sungguh luar biasa!

Saya tidak memenangi satupun item yang dilelang, tapi saya dapat kesempatan untuk medapatkan seiko bellmatic yang sudah lama ingin saya miliki: Bellmatic dengan 27 jewels. Seiko mengeluarkan seri bell-matic dengan 2 jenis movement yaitu 17 jewels (basic) dan 27 jewels (upgrade). Diyakini bellmatic dengan 27 jewels memiliki movement yang lebih baik. Pada GTG kali ini juga banyak item jam yang berpindah kepemilikan baik melalui lelang ataupun transaksi langsung.

Inilah member milis yang datang pada GTG ke-2 kali ini. GTG berikutnya kemungkinan akan diadakan di Jakarta dengan tema yang berbeda dan akan melelang lebih banyak lagi jam antik.


0 Responses So Far: