SEIKO Diver Face-Off


Kalau anda rajin baca-baca forum seiko di internet, sekarang banyak orang yang bereksperimen menganti penampilan jam dengan melakukan modifikasi (face-off). Bahkan ada seorang yang memang hobinya melakukan modifikasi dan banyak orang yang suka akan hasilnya. Orang menyebutnya sebagai Seiko Yao, karena orang yang melakukan itu bernama Yao. Produknya banyak dimiliki oleh para penggemar seiko di seluruh dunia.
Modifikasi tidak terkait dengan movement namun hanya perubahan penampilan dial dan jarum saja. Beruntung, salah seorang rekan dalam komunitas penggemar jam antik memiliki akses dan stock parts untuk modifikasi ini. Kebanyakan jam yang menjadi obyek moifikasi ini adalah Seiko Diver dan Seiko diver yang menjadi basis modifikasi saya adalah seiko 7002.


Gambar diatas adalah dial dan hands bawaan dari Seiko 7002 yang telah dilepas dari casing dan movement untuk diganti dengan hands dan dial modif. Gambar di bawah adalah beberapa alternatif hands modif dan satu alternatif dial. Yang saya sukai dari dial modif ini adalah clean design, tidak ada tulisan apapun - steril.


Dial dan jarum pilihan saya untuk modifikasi pertama ini adalah dial model military dengan pengunaan arabic number dan indeks balok. Jarum dibuat 2 warna: putih dan orange. Radium pada dial dan jarum modif ini cukup terang di tempat gelap. Dan ini adalah penampilan akhir Seiko Diver 7002 yang telah bersalin rupa (face-off).

Rantai jubille seiko saya ganti dengan tali kulit racing merk Pharos yang kokoh dan menarik.


0 Responses So Far: