Seiko Chronometer: The story behind


Mungkin anda pernah melihat atau memiliki sebuah Seiko high-end antik dengan tulisan chronometer pada dialnya (contoh gambar seiko chronometer dibawah). Sebelumnya saya berpendapat mungkin seiko membawa produk-produk high-end nya untuk di uji di Swiss guna mendapatkan sertifikat Chronometer. Namun ternyata Seiko tidak pernah melakukan itu.

Gambar Seiko chronometer ini dipinjam dari forum seiko di Timezone dan merupakan property dari Kohei (moderator).

Seiko menggunakan kata 'Chronometer' khusus untuk jam-jam yang memiliki presisi tingi dan digolongkan dalam high-end seiko sampai tahun 1967. Pengujian dilakukan di laboratorium 'French Chronometer Standard' yang memiliki kesamaan dengan sistem pengujian chronometer di Swiss. Mereka melakukan sendiri pengujian terhadap jam-jam high end mereka dan juga mengeluarkan sertifikat untuk hasilnya. Gambar dibawah adalah contoh sertifikat chronometer yang dikeluarkan tahun 1966 oleh laboratorium itu.


Kegiatan yang semula dianggap sah-sah saja akhirnya berhenti setelah COSC Swiss tidak mengakui pengujian yang dilakukan tanpa sepengeahuan mereka dan menuntut Seiko untuk menghentikan semua pengujian dan penggunaan nama Chronometer pada setiap jam high end mereka. Hal ini dikarenakan nama 'Chronometer' adalah copyright dari COSC Swiss.
Pada tahun 1970 terjadi perubahan. COSC akhirnya membuka perwakilan sertifikasi dan mulai melakukan pengujian movement-movement jam di Jepang karena pada masa itu Seiko semakin produktif mengeluarkan jam-jam high-end seperti Grand Seiko dan King Seiko. Keputusan COSC ini semakin memperkuat jam-jam Jepang dalam memasarkan produknya ke pasar luar Jepang terutama Amerika dan Eropa yang selama ini selalu menyepelekan produk-produk jam Jepang. Penggunaan nama 'chronometer' ini pula sebagai alat ampuh Seiko dalam memposisikan produk high-end nya sama dengan jam-jam buatan Swiss.
Beberapa jam high-end seiko seperti contoh Seiko KS dibawah memang diposisikan untuk pasar non Jepang. Khusus jam-jam dalam kategori ini tidak lagi menggunakan inisial KS pada dialnya dan mengutamakan tulisan 'Chronometer Officially Certified'. Casing juga menggunakan lapisan emas (gold capped) aga sesuai dengan selera masyarakat di Eropa dan merika.



Pada tahun 1986, COSC menutup kantor perwakilanya di Jepang karena semakin sedikit jam-jam yang diuji dan mendapatkan sertifikat chronometer. Hal ini juga diakibatkan karena semakin gencarnya produksi jam-jam quartz yang tidak membutuhkan uji presisi ini.

Ada satu jenis Seiko KS yang bertuliskan 'Special' pada dialnya. Jam ini memang special karena diuji dan di-adjust jauh lebih baik dari uji jam yang lain. Versi 'Special' ini mengunakan automatic cal. 52XX-6000 dan merupakan salah satu automatic high-end movement terbaik yang pernah dibuat oleh Seiko. Gambar dibawah adalah salah satu contoh versi 'Special' KS date. Gambar ini saya ambil dari forum seiko Timezone dan pemiliknya adalah Kohei sang moderator forum.



Pada masa COSC masih melakukan pengujian chronometer di Jepang, Seiko tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan membuatnya sebagai alat marketing yang ampuh untuk membuka pasar ke luar Jepang. Gambar dibawah adalah salah satu contoh brosur yang digunakan oleh Seiko chronometer untuk mempromosikan produknya.




0 Responses So Far: