OMEGA Seamaster Diver 200m "Pre Bond"


Pada tahun 1988, Omega mengeluarkan versi pertama Omega Seamaster Diver Pro untuk kedalaman 200m. Jam diver tipe ini sering juga disebut sebagai pre-Bond karena setelah tipe tipe ini diskontinue, Omega mengeluarkan tipe baru diver 300m yang sering disebut sebagai "Diver James Bond".


Omega Pre Bond dalam koleksi saya merupakan generasi pertama. Ciri yang paling mudah dilihat adalah dari penggunaan jarum jam model mercedes (logo mercy) dan jarum menit model pencil hand. Desain generasi selanjutnya menggunakan jarum model pedang dan berbeda sama sekali dengan desain awal. Movement menggunakan automatic cal.1111 yang sudah diuji dan mendapatkan sertifikat chronometer, sedangkan tipe lain yang tidak chronometer memiliki tulisan Professional pada dialnya. Dalam artikel di website Omega dikatakan bahwa jam diver ini merupakan salah satu jam yang digunakan dalam misi IFREMER FARE yang melakukan misi ilmiah penyelidikan bawah laut di Atlantik pada 25 July 1988.


Caseback terlihat kokoh dan flat yang berbeda sekali dengan tipe diver sebelumnya dan juga jam-jam diver setelahnya. Diameter jam 41mm tidak termasuk crown guard. Rantai merupakan integrated bracelet dengan casing. Desain rantai seperti ini sama seperti yang digunakan pada jam Patek tipe Nautilus.


Gambar dibawah menunjukkan perwakilan dari masa yang berbeda: diver dari tahun 80-an dan tahun 2006 (Planet Ocean).


0 Responses So Far: