OMEGA Constellation Cal.561 Hidden Crown


Omega constellation produksi periode tahun 50-70an adalah salah satu tipe Omega yang kolektibel. Connie, begitu para omega fans menyebut tipe ini, menyebutkan pada era ini (terutama era akhir 60-an) adalah 'golden era' bagi merek Omega dalam dunia Horologi. Constellation dibuat untuk bisa mengalahkan dominasi Rolex dalam pasar menengah, dan ini berhasil dibuktikan pada era tahun 60-an. Omega mendesain tipe ini dengan perbedaan pada akuasi jam yang lebih baik dari tipe lain (movement melalui uji chronometer), desain yang cantik dan kualitas buatan yang baik. Hampir semua movement jam Constellation melalui uji chronometer karena pesaing dekatnya (Rolex) juga menggunakan movement dengan standar chronometer.


Omega Constellation dalam koleksi saya memiliki desain yang berbeda dan merupakan model yang lebih baru. Tipe ini disebut sebagai 'hidden crown' karena posisi crown tidak terlihat bila dilihat dari depan. Ukuran diamater jam juga lebih besar sedikit dari tipe pada umumnya. Jarum jam menggunakan model dauphine hands. Pada tipe connie yang lain, jarum jam biasanya lebih pendek namun pada tipe ini jarum menit dan detik berukuran panjang.


Rantai merupakan desain rantai khas tahun 50-60an yang sering disebut sebagai 'rantai beras' dengan 9 kolom. Pada buku katalog Omega tahun 60-an (lihat gambar diatas) jam ini dijual dengan menggunakan tali kulit.


Movement yang digunakan adalah Cal.561, merupakan salah satu best movement untuk connie pada masa itu. Cal.561 dibuat sebagai penyempurnaan cal.551 yang tidak menggunakan fasilitas tanggal.




0 Responses So Far: