Mahatma Gandhi Pocket watch Auction


Pada tanggal 5 Maret 2009 lalu, Antiquorum New York menyelenggarakan lelang rutinnya. Yang membuat lelang kali ini menjadi istimewa adalah karena salah satu item yang akan dilelang. Item itu adalah barang-barang pribadi milik Mahatma Gandhi seperti sandal kulit, nampan dan mangkok, kacamata dan tentu saja jam kantong. Pada preview pra lelang barang-barang tersebut dapat dilihat oleh para calon bidder. Harga estimasi dari perlengkapan pribadi M. Gandhi ini adalah US$ 20,000-30,000.
Jam kantong yang digunakan oleh Gandhi adalah Zenith alarm. Jam ini selalu terlihat dikenakan dan terlihat dikaitkan pada jubahnya. Pada tahun 1940, Gandhi memberikan jam ini (dan juga mangkok serta nampan) kepada anak dari sepupunya yang juga merupakan asisten pribadinya selama 6 tahun bernama Abha Gandhi. Di tangan Abha Gandhi ini pula Gandhi menghembuskan nafas terakhir ketika dia dibunuh. Sebelum meninggal Abha kemudian memberikan jam ini kepada anak perempuannya Gita Mehta.
Mengingat antusiasme dari para bidder, para pengamat meyakini bahwa lot berisi barang-barang pribadi Gandhi ini akan dihargai jauh melebihi taksiran awal US$20,000-30,000 dan benar saja. Saat penawar terakhir tidak ada yang berani lebih tinggi lagi, maka palu diketok pada harga US$ 2,096,000 !




Kacamata Gandhi yang selalu dipakainya kemanapun dan kapanpun dia pergi.



0 Responses So Far: