John F. Kennedy Watch


Sejak lama saya penasaran dengan jam-jam yang digunakan oleh salah satu president AS yang dianggap paling populer, yaitu John F. Kennedy. Rasa penasaran akhirnya hilang setelah Biro lelang khusus jam Antiquorum melelang salah satu dari 3 buah jam yang sering digunakan oleh JFK. Jam itu ternyata bukanlah dari merek yang terkenal, bahkan merek jam ini sangat asing di telinga saya: NASTRIX. Jam ini dibuat tahun 1962 dan memiliki diameter 34mm. Movement automatic 57 jewels.


Jam Nastrix ini terbuat dari 14K YG dengan desain yang sangat sederhana dan menyerupai desain klasik Patek Phillipe Calatrava. Secara historis jam ini sangat berharga sekaligus unik selain karena nama JFK ter-grafir di caseback, juga karena jam ini melibatkan 3 orang penting yaitu JFK sendiri, Jackie Kennedy (istrinya) dan Aristotle Onassis.


Nastrix ini merupakan pemberian dari salah satu keluarga kaya dan terpandang dari Washington pada saat JFK sebagai president AS, yaitu keluarga Evangelines pada tahun 1963. Menurut orang-orang di sekitar JFK, jam ini sangat sering dipakai untuk acara sehari-hari baik acara kenegaraan maupun acara pribadi. Bahkan saat berenang 2 kali sehari di White house untuk terapi nyeri punggung JFK, jam ini terlihat tetap dipakai.


Setelah pembunuhan JFK yang menggemparkan dunia pada 23 November 1963, jam ini diambil dari laci tengah meja JFK di ruang oval office oleh sekretaris JFK, Evelyn Lincoln. Hal ini dilakukan atas perintah dari presiden pengganti selanjutnya Lyndon B. Johnson. Lincoln kemudian memberikan jam ini dan beberapa barang pribadi presiden lainnya ke Jackie Kennedy dan menyimpannya sampai akhirnya dia menikah lagi.

Beberapa tahun kemudian, setelah menikahi miliarder Aristotle Onassis, Jackie menuliskan huruf tambahan diantara lugs jam itu, huruf-huruf “FALJ” (singkatan dari 'For Ari Love Jackie') dan memberikannya kepada Aristotles pada 20 October 1971 sebagai hadiah ulang tahun perkawinan. Setelah kematian Aristotles, jam tersebut kemudian diberikan kembali kepada Evelyn Lincoln dan menyimpan jam tersebut sampai tahun 1991. Agar jam tersebut lebih terawat dan dapat dinikmati oleh para pengagum JFK, Lincoln kemudian memberikannya kepada salah satu temannya Robert White yang merupakan seorang kolektor memorabilia JFK.


Gambar dibawah adalah salinan surat dari sekretaris JFK Evelyn Lincoln yang menceritakan identitas jam tersebut dan darimana dia mengambilnya. Surat ini juga disertakan dalam paket jam Nastrix yang dijual dalam lelang tersebut.


Sebuah foto yang memperlihatkan dalam sebuah acara resmi Aristotles Onassis mengenakan jam Nastrix pemberian istrinya Jackie Kennedy.

Plakat yang dilelang bersama dengan jam Nastrix pada lelang antiquorum di New York, Maret 2009. Harga tertinggi untuk lot ini adalah US$ 120,000 (hammer price).



0 Responses So Far: