How to Tell Your Seiko was Made?


Seringkali kita ingin tahu berapa usia jam yang kita pakai atau setidaknya kita tahu kapan jam tersebut diproduksi. Rolex termasuk produsen jam yang disiplin dan baik dalam melakukan pendataan produksi mereka. Hanya dengan mengetahui angka-angka yang terdapat pada lugs jam tersebut, kita bisa mengetahui kapan jam tersebut diproduksi. Tidak hanya itu, untuk jam-jam vintage informasi tahun pembuatan dan kwartal berapa produksinya bisa kita ketahui bila kita membuka caseback-nya.

Posting ini akan mengulas bagaimana mengetahui waktu produksi sebuah jam Seiko. Untuk mengetahuinya, kita bisa lihat 6 digit angka yang terdapat pada setiap caseback Seiko. Gambar dibawah adalah contoh serial number 6 digit yang ada pada tipe Seiko 5. Seiko 5 dibawah diproduksi pada Bulan Februari 2004. Hal ini diketahui dari angka digit pertama 4 yang menunjukkan tahun pembuatan yaitu 2004 dan digit kedua: 2 yang menunjukkan bulan February.


Gambar dbawah adalah contoh serial number untuk jam-jam Seiko tipe premium/ higher end, dimana serial number tidak ditempel di caseback yang terbuat dari sapphire crystal tapi mengikuti lekukan pada sisi caseback. Hal ini dimaksudkan agar informasi tentang produksi jam ini tidak hilang karena aus tergosok ketika jam sering dipakai. Seiko Premier dibawah menggunakan mesin cal.6R20 dan dibuat pada Bulan Agustus (digit kedua angka 8) tahun 2007 (digit pertama angka 7).


Seiko dengan solid steel caseback juga mencantumkan serial number dibawah logo, seperti contoh caseback dari SKX007 dibawah ini. Dari serial number diketahui bahwa jam ini diproduksi bulan November (Digit kedua huruf N) dan tahun 2003 (Digit pertama angka 3). Seiko menggunakan huruf untuk identifikasi bulan Oktober (O), November (N) dan Desember (D). Karena Seiko hanya mengenal hanya 1 digit angka saja untuk menunjuk bulan sedangkan bulan Oktober - Desember menggunakan 2 digit, maka khusus bulan2 ini diganti dengan huruf depan nama bulan tersebut.

Identifikasi Seiko yang saya jelaskan diatas adalah untuk jam Seiko modern dan bukan vintage. Untuk jam-jam modern khususnya edisi-edisi terbatas kadang juga tidak mencantumkan serial number tapi hanya kode serial produksinya contoh: 120/300, yang berarti jam tersebut produksi ke 120 dari 300 buah jam.

Cara identifikasi dengan menggunakan cara diatas memiliki kelemahan yaitu kita bisa salah dalam mengidentifikasi tahun pembuatan karena digit yang digunakan tidak menunjukkan dekade tahun. Misal digit 7 bisa juga berarti tahun 1997 atau tahun 2007. Untuk menghindari ini kita perlu tahu informasi mengenai tipe seiko jam yang kita miliki dan produksi kaliber mesin-nya. Misal Seiko diver cal.7002. Mesin kaliber ini diproduksi dari tahun 1988 sampai tahun 1996 untuk kemudian berhenti diproduksi dan diganti dengan kaliber 7S26. Dengan informasi ini anda jadi tahu kalau misalkan melihat serial number sebuah diver 7002 adalah 92XXXX, berarti jam itu produksi Bulan Februari 1989 dan bukannya Februari 1999, karena 1999 kaliber ini tidak lagi diproduksi.

khusus untuk Seiko vintage yang diproduksi sampai pertenangahan tahun 60-an masih menggunakan serial number 7 digit. Contoh adalah Seiko 5 Sportsmatic saya, tipe ini dibuat mulai awal tahun 60-an dan pada jam saya terdapat serial number 6765265 yang berarti jam ini dibuat bulan Juli tahun 1966. Kalau informasi mengenai periode sebuah tipe Seiko dibuat maka kita bisa keliru dalam mengetahui tahun produksinya. Namun setidaknya dengan membaca posting ini anda bisa mengetahui kapan jam Seiko yang anda miliki sekarang dibuat.....


0 Responses So Far: