1st GTG in 2009! (Jan 2nd 2009)


Pada hari ini tangal 2 Januari 2009 sebagian kecil anggota komunitas penggemar jam antik melakukan kumpul-kumpul bareng (GTG-Get ToGether) di kediaman Pak Acil di daerah Kebayoran baru. GTG kali ini yang hadir ada 6 orang termasuk 1 orang newbie di dunia horology.

Seperti biasanya kalau melakukan GTG di kediaman sang sesepuh, kami selalu ditemani dengan kue khas jaan Belanda Pofertjes (pasti ejaannya salah..), dan sebagai jamuan utama adalah koleksi jam-jam antik dari anggota komunitas. Ada puluhan jam yang digelar siang itu dari mulai jam tahun 30-an (bahkan mungkin lebih tua) sampai tahun kemarin.

Salah seorang rekan (Pak Khrisna) membawa jam yang sangat jarang ditemui dan dari jam ini kita bisa tahu apa souvenir yang diterima oleh para penerbang AURI pada tahun 1953, yaitu PONTIAC Chronograph. Jam ini termasuk jam complicated dengan berbagai feature seperti Tanggal, Hari, Bulan dan fungsi chronograph. Fungsi tanggal menggunakan cara pointed berbentuk bulan sabit.

Pada caseback tertulis AURI 1953. Sayang saat itu kami tidak sempat membuka case back untuk melihat mekanisme chronograph apa yang digunakan oleh Pontiac ini. Jam ini di klaim sangat kolektibel saat ini karena nilai sejarah yang dimilikinya. Beruntunglah Pak Khrisna!..

Sebagian kecil koleksi yang menarik saya coba tampilkan disini karena mayoritas jam yang dibawa semuanya menarik! Seperti misalnya jam di bawah ini. 2 jam ini adalah 'bersaudara' yaitu Omega dan Tissot karena Tissot sebagai 'turunan' dari Omega untuk second tier-nya. Dari desain dialnya kedua jam ini diperkirakan merupakan produksi tahun 40-an. Diameter casing kecil sekitar 33-34mm dan desain dial dengan menggunakan arabic numbers seperti desain untuk jam-jam militer. Kondisi kedua jam ini masih orisinal dan pada dial sudah muncul bercak halus tanda aging. Si pemilik lebih memilih membiarkan jam ini apa adanya tanpa harus melakukan re-finish dial. Dan kami malah menganggapnya seksi!

Mungkin koleksi di bawah ini adalah salah satu jam termahal yang dibawa pada siang itu. Rolex Explorer II Orange hand. Ref numner 1655 merupakan generasi legenda dari versi sport Explorer. Harga-nya selalu naik signifikan dan semakin membuat kita melongo keheranan dengan harganya!

Omega dibawah adalah properti dari sang Tuan Rumah: Omega Constellation automatic Like New Condition! Semua yang lihat jam ini begitu takjub melihat kondisinya yang memang nyaris seperti baru!

Koleksi jam termahal lain yang ada pada siang itu adalah Rolex 'Red' Submariner koleksi sang tuan rumah juga. Luar biasa! aura wibawa dan klasik begitu kental pada Rolex Sub ini. Tipe ini merupakan salah satu tipe Sub termahal dari Rolex dan sangat kolektibel.

Salah satu rekan (Reza) saat ini memiliki preferensi unik dalam memilih koleksinya yaitu koleksi G-Shock. Banyak orang mengira bahwa G-Shock adalah jam ABG. Namun di luar negeri banyak sekali penggemar berat jam ini dan merupakan kolektor yang serius dan membentuk komunitas. Siang itu Reza hanya membawa sebagian kecil saja koleksi G-Shock dan Shuntoo-nya.

Gambar di bawah adalah jenis jam yang mengadung elemen Gold. Dari ki-ka: Eterna Chronometer Gold top, Omega Seamaster gold top Calendar Bumper, Omega Seamaster gold top bumper, Omega Connie Gold top, Omega sub second manual solid gold, Seiko KS Gold top dan Omega connie bumper gold top.

Jam 4 sore pertemuan berakhir dan masing-masing mulai mengemasi kembali koleksi jamnya. Sebelum berpisah kami sempatkan berfoto lagi. Dari ki-ka: Khrisna, Andi, Johanes, Arif, Marga (atas baju merah), Acil dan Reza.



0 Responses So Far: