OMEGA Seamaster Chronograph Cal.1040


Sepulangnya dari Malang saya mampir dulu ke kantor karena ada beberapa hal yang harus saya kerjakan. Selain itu juga saya ingat kalau akan ada paket untuk saya dari seseorang di Malang yang mengirimkan sebuah jam Omega.

Setelah dengan susah payah membuka paket (karena oleh kantor di Malang paket tersebut ditutup pakai kayu dan dipaku!) akhirnya saya dapatkan jam ini: OMEGA Seamaster Chronograph automatic.

 

Menurut informasi yang saya dapat, tipe seperti ini adalah tipe speedmaster mark 3 dengan mesin automatic chronograph cal.1040. Namun anehnya di dial tertulis SEAMASTER dan bukan Speedmaster. Pada caseback juga terdapat gambar seamonster dan tulisan Seamaster disertai logo Omega. Kemudian saya browsing ke beberapa website yang menjual jam-jam seperti ini dan juga menanyakan ke forum Omega di Time zone. Dari forum ini saya mendapatkan jawaban:

"Originally the Speedmaster line was part of the Seamaster line and that is why we still see the Seahorse on the case back emblem today on Speedmasters. You can read about it by going to this article by Chuck Maddox. In the article you'll find a chart that shows which Speedmasters were labeled with the Seamaster marking on the case backs".

"they were identical to the Speedmaster Mark II except for the dial. For the most part, the Speedy MKIIIs had black dials and white hands, while the Seamaster versions had blue dials and white and orange hands".
"The non-marking (Mark III), occurred in some parts! This can be seen in Mark IV too! Unusual, but original! Congrats Use it with health! Cheers from Brazil !"
"I'm so glad you came into possession of this beautiful piece. Congratulations! I have, by the way, seen a gold variant of this model, on the wrist of a retired Secret Service agent. Stunning!"

 
Saya juga mendapatkan versi Seamaster chronograph lain dengan casing speedmaster mark 3 ini di beberapa website, salah satunya www.timeman.net yang menjual versi seamaster ini lebih mahal dari versi aslinya (speedmaster mark 3).

Ciri menonjol dari tipe mark 3 ini adalah desain casingnya. Orang menyebut casing seperti ini dengan 'Volcano case' karena bentuknya yang menyerupai gunung api. Orang-orang juga menggolongkan tipe casing seperti ini dalam jajaran flightmaster case dengan tinggi case 17mm!. Dari hasil browsing tipe ini, didapati beberapa perbedaan arah serat casing. Beberapa contoh di internet memiliki serat casing yang dibuat vertikal (kebawah) sampai dengan bagian bawah casing dan desain lain serat casing bagian atas horisontal dan bagian bawah arah seratnya vertikal. Ini juga membingungkan karena tidak ada penjelasan resmi apakah ada maksud dari perbedaan finishing casing tersebut.

Pada caseback terdapat logo seamonster yang tipis. Awalnya saya ragu kok tipis begini grafirannya, ternyata setelah saya bandingkan dengan yang saya lihat di website lain juga sama, bahkan ada yang lebih buruk buatannya (tidak jelas).

 
Movement yang digunakan merupakan movement yang dibuat atas kerjasama antara Omega dan Lemania. Cal.1040 adalah mesin Lemania cal.1341 dan merupakan mesin chronograph automatic pertama yang digunakan oleh Omega. Pada tahun 1973 movement diperbaiki dan dibuat versi chronometer-nya dan diaplikasikan di Speedmaster 125.
Rantai menggunakan model rantai speedmaster dengan ujung rantai yang melebar menyesuaikan dengan lebar lugs.

 
Jam ini sebenarnya memiliki 7 buah jarum. Namun jarum penunjuk fungsi 24 hours diganti sebuah lempengan dengan penunjuk waktu berbentuk segitiga berwarna biru. Jarum detik berwarna putih diletakkan bertumpuk dengan plat penunjuk 24 hours. Jarum jam dan menit berwarna putih sedangkan 3 jarum lainnya berwarna orange.



0 Responses So Far: