Fake Diver Seiko VS Real Seiko


Entah sudah beberapa kali saya mendapat telepon ataupun sms yang menanyakan hal yang sama yaitu identifikasi seiko Diver palsu atau frankenwatch (mesin asli tapi yang lainnnya palsu). Kenapa mesti Seiko Diver? karena tipe ini adalah salah satu tipe Seiko yang laris manis dan banyak peminatnya. Dalam posting ini saya coba sedikit mengulas cara meng-identifikasi Seiko palsu atau frankenwatch.

SKX 007K Seiko Diver 200m

Tipe ini adalah yang paling sering saya temui palsunya. Khusus untuk tipe ini sang pemalsu membuatnya dengan sangat baik sehingga seringkali orang tertipu membayar harga sama dengan asli namun ternyata palsu. Gambar dibawah adalah ciri yang sering luput dari perhatian kita. Semua penampilan tampak benar. Tapi coba anda perhatikan bentuk angka 10 pada bezel Seiko 007 tidak pernah mengeluarkan tipe bezel yang 'bercabang' tapi selalu lurus seperti (straight). Bisa saja jam dibawah memang asli tipe 007 tapi karena bezel rusak maka diganti dengan bezel aftermarket yang bukan milik seiko.

Gambar Seiko dibawah ini yang paling sering saya lihat beredar. Sebenarnya semua sudah dibuat sangat mirip. Tapi ada kesalahan fatal bagi si pemalsu (atau si pemalsu tidak 'tega' kalau dibuat sama persis), yaitu hologram sticker dan grafir tulisan Seiko 5 di posisi angka 6. Perlu diketahui bahwa Seiko diver 007 bukanlah keluarga dari seri Seiko 5 jadi tidak pernah ada seiko diver 007 dengan hologram dan tulisan Seiko 5 seperti ini. Apabila anda buka mesinnya, jam ini juga menggunakan mesin Seiko, entah benar Seiko atau cuma di-stamp Seiko.

Gambar dibawah adalah Seiko 007K yang asli. Kalau anda bandingkan antara asli dan palsu atau frankenwatch terdapat perbedaan dalam kualitas pembuatan dan bobot jam. kalau yang asli bila dipegang lebih mantap dan sudut-sudut-nya halus.

Seiko Monster (SKX779K dan SKX781K)
Tipe ini merupakan salah satu 'selebritas' baru dalam jajaran Seiko Diver. Penjualannya yang tidak jor-joran membuat banyak orang menjadi penasaran untuk bisa memilikinya terutama para penggemar jam di Amerika dan Eropa yang kesulitan mencari Monster ini. Karena demand yang begitu tinggi ternyata juga ada monster-monsteran atau frankenwatch. Semua detil sempurna dan halus, hanya ada satu yang membuatnya berbeda. Gambar di bawah banyak yang mengira bahwa ini adalah monster black dial (SKX779K) asli atau mungkin juga asli tapi di modifikasi oleh pemiliknya. Monter dibawah tidak sesuai dengan pakem yang seharusnya, yaitu tanggal harus berwarna dasar hitam untuk dial hitam. Sedangkan gambar Monster dibawah berwarna putih untuk fungsi tanggal.

Gambar di bawah ini adalah Seiko Monster blask dial yang asli dengan tanggalan berwarna dasar hitam. Perbedaan lain adalah Lume dot yang terletak di bezel (bulatan radium di tengah segitiga), untuk yang asli lume dot terasa pas dengan daerah segitiga sedangkan yang palsu terlalu besar. Bila bezel diputar, Monster asli akan berbunyi 'klik' sebanyak 120 kali, sedangkan yang palsu kurang dari 120 kali. (Thanks To Lhucat for addition).

Untuk OM atau Orange Monster (SKX781K) warna dasar tanggal memang berwarna putih, seperti gambar dibawah (Thanks to dr.William for the great watch and great picture!).


Seiko Arctura
Bagaimana dengan Seiko Arctura dibawah. Semula saya mengira dia asli tapi ada yang 'tidak pas' yaitu tulisan JAPAN MADE yang terletak di bawah angka 6. Jepang tidak pernah mau meniru produsen jam Swiss dalam menuliskan produksi di bawah dengan SWISS MADE. Jepang biasanya menuliskan "Japan", MOV'T JAPAN' di bawah posisi angka 6 disertai dengan kode caliber mesinnya. Petunjuk lain adalah tulisan Seiko Arctura 100m juga terlalu berdekatan.


Semoga posting ini sedikit banyak bisa membantu!


0 Responses So Far: