ROLEX 6609 Thunderbird Ca.1958


Sulit rasanya melepaskan pandangan dari Rolex ini. Kombinasi antara bezel gold dengan dial putih merupakan kombinasi yang sangat menyenangkan dilihat.

Rolex ini adalah Rolex Datejust 6609 yang sering disebut sebagai Thunderbird karena jam tipe seperti ini dahulu pernah digunakan oleh squadron penerbang Thunderbird. Saat ini tipe yang lebih baru disebut sebagai Turn-O-Graph.

Movement automatic cal.1065 dalam kondisi yang masih sangat bagus dan terawat. Pada gambar diatas jam ini masih dilengkapi dengan rantai jubille asli bawaan. Tipe rantainya tipis dan terasa nyaman kalau dikenakan. Tapi sayang saya tidak begitu suka dengan rantai kombinasi.

Pada inside caseback terdapat no ref jam ini 6609 dan tahun produksinya yaitu kwartal 1 tahun 1958. Apabila diperhatikan dengan seksama, pada inside case back ini juga terdapat beberapa goresan angka-angka yang menunjukkan bahwa jam ini secara rutin di service di Rolex service centre.
Kondisi casing secara umum masih cukup bagus walau ada beberapa bagian yang tergores-gores. Kondisi bezel masih sangat bagus. Tulisan ROLEX masih menggunakan huruf Arial timbul dan bukan sablon seperti desain setelahnya, warna huruf kuning. Kalau diperhatikan lebih seksama huruf "J" pada tulisan Datejust juga berbeda. Huruf J dalam jam ini tidak memiliki 'atap'.
Jarum menggunakan model dauphine hands berwarna gold senada dengan warna index yang berbentuk seperti peluru. Sistem penanggalan berbeda warna antara tanggal genap dan ganjil. Untuk genap berwarna Merah dan tangal ganjil berwarna Hitam (Roullete Date).
Semula saya menyangka kalau dial pada jam ini bukanlah asli versi 6609 karena tidak berbentuk 'pie pan' melainkan rata. Setelah melakukan beberapa kajian di internet terhadap jam serupa dan menanyakan kepada beberapa rekan, ternyata memang desain dial untuk 6609 tidaklah pie pan melainkan hampir rata. Dial ini seperti juga yang digunakan di Datejust tipe 6605.


0 Responses So Far: