SEIKO Twin Quartz, Rare item!


Saya memang menggemari Seiko vintage dan berusaha konsisten untuk itu terutama seiko dengan movement manual ataupun automatic. Tapi saat saya jalan-jalan sabtu kemarin perhatian saya tertuju kepada suatu bentuk jam Seiko quartz yang menarik yang teronggok di dalam sebuah etalase kaca. Kondisi jam dalam keadaan mati. Ternyata Seiko ini adalah Seiko Twin Quartz, salah satu pencapaian penting Seiko di dunia horologi.

Seiko Twin Quartz dibuat oleh Seiko sebagai salah satu tuntutan adanya sebuah mekanisme penghitungan waktu yang super akurat karena saat itu (1978) Seiko merupakan Official Time Keeper untuk World Cup Football di Argentina. Pada saat diluncurkan, movement Twin Quartz ini merupakan the "World's first very-fine adjusted ultra-accurate Twin Quartz watch".

Seiko ini berpenggerak baterai dan disebut Twin Quartz karena (menurut Kohei-moderator Seiko di Time Zone), Seiko ini memiliki 2 mekanisme kristal quartz di dalamnya yang secara kontinu dan konstant saling melakukan 'adjustment' terhadap kinerja quartz yang lain. Karena itu jam dengan movement Twin quartz ini di-klaim hanya memiliki deviasi (+/-) sekitar 5 detik per tahun! Karena itu para penggemar jam quartz memasukkan Seiko Twin Quartz ini sebagai salah satu High End Quartz watches.

Sebelumnya saya pernah melihat sebuah Seiko Twin Quartz juga dengan desain yang lain di Pasar Johar Semarang, sayangnya seiko tersebut sudah tidak orisinil lagi movementnya dan sudah 'dicangkok' dengan mesin quartz biasa. Seiko TQ yang baru saya dapat ini berkaliber 9923 dan diproduksi pada tahun 1978 sebagai salah satu generasi awal dari Seiko TQ. Rata-rata desain Seiko TQ menggunakan solid link bracelet dimana rantai jam ini menyambung dan apabila kebesaran harus dipotong rantainya. Desain bracelet juga nyaman digunakan di pergelangan.

Desain Seiko TQ ini sangat sederhana dan berkesan minimalis. Dial berwarna biru tua cenderung ke hitam dengan pewarnaan indeks jam berwarna putih dan indeks menit berwarna hitam. Jarum juga di desain sangat sederhana berwarna putih. Pada dial tidak ada tulisan macam-macam hanya SEIKO dan SQ di bawah. Crown berbentuk octagonal tanpa ada hiasan apapun (polos). Tulisan TWIN QUARTZ dibuat pada bezel jam.

Ukuran jam berkisar 37mm, cukup besar untuk sebuah jam quartz. Case back relatif datar dengan cara membuka caseback yang tidak menggunakan putaran penuh tapi hanya menggeser kemudian angkat. Sebuah tulisan di sebuah forum mengatakan bahwa bezel pada Seiko ini terbuat dari solid 14K white gold.
Seiko TQ tidak dibuat dalam waktu lama dan berhenti produksi pada tahun 1981. Hal ini disebabkan karena biaya produksi untuk membuat seri TQ ini sangat tinggi sehingga harga jual ke konsumen juga tinggi. Selain itu, masyarakat Jepang saat itu juga tidak menuntut sebuah jam yang memiliki akurasi ekstra tinggi untuk sebuah jam sehari-hari kecuali untuk keperluan khusus seperti olah raga dll.
Dalam sebuah forum Seiko, tipe Seiko Twin Quartz digolongkan dalam very rare item karena selain produksi massalnya yang tidak banyak, juga karena kualitas pencapaian teknologi saat itu (dual quartz movement) yang merupakan pertama kali di dunia. Kualitas, keakuratan dan ketangguhan Seiko TQ disejajarkan dengan Grand Quartz dan King Quartz dan sama-sama digolongkan dalam High End Quartz Watches by Seiko.

Saat akan saya beli jam ini dipasangkan baterai baru dengan merk Maxell tapi herannya jam tetap tidak mau berdetik, kemudian baterai diganti dengan yang lebih bagus lagi merk Renata, setelah itu jam baru berdetik. Ini adalah jam Seiko quartz pertama dalam koleksi saya!


0 Responses So Far: