SEIKO Chronometer (KS Export Model)


Saya jarang sekali melihat ada Seiko KS dengan finishing gold cap pada casingnya, biasanya stainless steel atau gold filled. Tapi kemarin sore seorang rekan penggemar jam antik datang kerumah saya dengan membawa this beautiful lady: Seiko Chronometer Gold Cap.

Seiko Chronometer ini merupakan salah satu tipe desain dari Seiko KS (King Seiko). Huruf KS tidak diletakkan pada dial karena versi ini khusus dibuat untuk memenuhi pasar export keluar Jepang. Saat itu (tahun 70-an) nama KS sudah mulai banyak diperhitungkan oleh pasar di luar Jepang dan karena banyaknya permintaan maka dibuatlah Seiko Chronometer yang notabene adalah Seiko KS.

Kata Chronometer pada Seiko Ks ini masih digunakan sebelum akhirnya pihak otorita jam Swiss meminta pihak Seiko untuk mencabut semua tulisan Chronometer pada jam-jamnya dengan alasan bahwa Seiko ini tidak mengikuti kaidah pengujian yang dilakukan (hanya) di Swiss dan yang lebih penting lagi kata Chronometer adalah trade mark bagi jam-jam buatan Swiss. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa jam-jam Seiko high grade seperti ini ada juga yang dikirimkan ke Swiss untuk mendapatkan sertifikat Chronometer dari pihak yang ditunjuk secara resmi. Hal ini dilakukan agar lebih memastikan bahwa akurasi dan ketahanan jam Seiko ini memang tidak kalah dengan jam-jam buatan Swiss.

Desain casing menyerupai beberapa desain jam Swiss era tahun 70-an karena memang Seiko Chronometer ini dibuat pada bulan Maret tahun 1974. Movement yang digunakan adalah automatic cal.5626 dengan 28,800 bph. Desain casing dibuat one piece case dan untuk membuka harus dilakukan dari arah depan (kaca). Dial dibuat seperti motif tikar dengan adanya ornamen/ tekstur berwarna gold. Mengenai pemakaian finishing Gold cap ini ada pendapat yang mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk mendapatkan pelanggan di pasar Eropa (khususnya) yang menyukai jam-jam yang berkesan mewah dengan adanya elemen emas.

Sejak kemarin sore Seiko Chronometer ini akhirnya bisa bersanding dengan Seiko KS versi lokal Jepang dengan movement yang sama, Cal.5626.


0 Responses So Far: