SEIKO 5 Sportsmatic 1st Edition ca.1966


Saya memang sejak lama menggemari jam Seiko Sport Vintage seperti Automatic chronograph, Diver dan GMT. Setelah mendapatkan King Seiko generasi awal tempo hari saya mulai tertarik dengan jam-jam Seiko non-sport vintage. Suati hari lebih dari setengah tahun yang lalu seorang teman sesama penggemar jam antik menunjukkan jam ini kepada saya. Namun saat itu saya tidak begitu memperhatikan dengan seksama. Sampai akhirnya minggu lalu teman yang sama memberikan jam ini kepada saya dan baru saat itulah saya memperhatikan dengan seksama. Wah! ternyata jam ini cantik sekali! sangat klasik dan elegan walaupun namanya adalah Sportsmatic..

Jam ini merupakan versi awal dari Seiko 5, sering juga disebut sebagai seiko sejuta umat karena begitu banyak diproduksi dengan desain yang sangat variatif. Movement yang digunakan adalah Automatic cal.6619. Movement caliber ini merupakan versi 'revisi' atau upgrade dari movement automatic pendahulunya yaitu cal.6606 yang diproduksi awal tahun 60-an.
Cal.6619 basis movementnya dari cal.6606 yang memiliki penambahan pada fungsi quick set date. Movement ini merupakan movement automatic pertama Seiko yang menggunakan fungsi quick set date dengan cara menekan crown. Mekanisme ini selanjutnya digunakan pada hampir semua movement automatic level menengah pada tahun 60 dan 70-an. Mekanisme quick set date ini merupakan terobosan besar bagi industri jam saat itu. Karena prestasi cemerlang tersebut Menteri Keuangan Jepang pada saat itu (1964) memberikan sertifikat "G" kepada movement ini dan ditetapkan sebagai salah satu "The Best Product of The Year" di Jepang.


Desain dial jam ini sangat sederhana karena mungkin teknologi saat itu belum memungkinkan Seiko untuk membuat desain yang lebih menarik. Semua tulisan dan logo masih menggunakan teknik print (sablon). Jarum di desain dengan model pedang (sword hands) sehingga tampilan jadi lebih klasik. Case back masih menggunakan sistem snap back sehingga untuk membukanya mesti dicongkel. Tertulis bahwa jam ini cal. 6619-7070 dan dibuat pada Desember tahun 66 (lihat nomor seri di case back: 6D17662). Diameter casing cukup kecil sekitar 35mm dengan ciri khas Seiko 5 yaitu meletakkan crown di posisi angka 4.

Karena faktor usia yang sudah mencapai 42 tahun, warna dial sudah sedikit berubah warna menjadi sedikit berwarna semua bleach atau krem. Menariknya adalah karena semua bagian pada dial warna nya sama ini menunjukkan bahwa dial jam ini belum pernah tersentuh air atau embun yang bisa mengakibatkan jamur. Seiko cantik ini saya dapat masih lenhkap dengan rantainya yang berdesain model Oyster. Hmmm...cantik nian!


0 Responses So Far: