OMEGA 'Bond' Planet Ocean 42mm




Omega mengeluarkan versi terbaru Seamaster Diver Planet Ocean ini bersamaan dengan peluncuran film James Bond dengan pemeran Bond yang juga baru. Dalam film Casino Royale Bond menggunakan 2 versi Seamaster diver yaitu versi awal yang digunakan oleh Pierce Borsnan dan Planet Ocean. Namun yang lebih dikenal adalah versi Planet Ocean ini.

Kalau diperhatikan sepintas, desain dari Planet Ocean ini jauh berbeda dengan versi pendahulunya dan malah lebih terlihat mengulang desain klasik Omega Seamaster Diver 300m vintage tahun 60-an. Pengulangan ini terutama pada penggunaan arabic number 6, 9 dan 12, bentuk index yang persegi empat serta penggunaan jarum model broad arrow.

 
Planet Ocean mengeluarkan 2 versi yaitu dengan diameter 42mm dan 45,5 mm. Desain sama hanya beda pada dimensi. Jam ini juga sudah di upgrade dengan memperkuat struktur casing agar tahan terhadap tekanan di kedalaman 600m/2000 ft, 2 kali lipat dari versi sebelumnya.

Movement yang digunakan menggunakan movement terbaru Omega dengan teknologi Co-axial escapement yang dikembangkan oleh George Daniel dan dibeli patennya oleh Omega. Omega menamakan movement ini dengan cal.2500 dengan 25,200 bph. Movement ini mengambil base dari ETA movement cal.2892-A2 (ETA dan Omega berada dalam satu group SWATCH) dan terkenal karena memiliki akurasi yang tinggi dan handal serta memiliki cadangan tenaga 48 jam.
 
Kristal pada jam PO ini lebih tebal dan dilapisi 2 sisinya (luar dan dalam) dengan lapisan anti reflective coating sehingga apabila kena cahaya warna kristal berubah menjadi kebiru-biruan. Lapisan ini tidak dijumpai pada Omega seamaster sebelumnya.
Omega Planet Ocean ini adalah salah satu jenis Omega yang paling sering dibicarakan dan 'dipamerkan' dalam forum-forum Omega di Internet. Berbeda dengan pendahulunya, Planet Ocean masih memungkinkan untuk digonta-ganti tali kulitnya dan semuanya masih terlihat bagus dan enak dilihat. Karena saya bukan penggemar fanatik rantai maka saya ganti Planet Ocean ini dengan sebuah tali kulit dengan ukuran 20mm, dan hasilnya tetap enak dilihat!



0 Responses So Far: