OMEGA Electronic F300hz Chronometer


 

Pada era sebelum jam quartz merajai pembuatan jam tangan, dunia horologi mengenal sebuah movement yang kini sudah tidak lagi diproduksi yaitu Electronic movement. Movement ini ditemukan oleh Max Hetzel yang akhirnya digunakan oleh beberapa merek jam swiss pada era awal sampai akhir tahun 70-an.

Omega bersama dengan perusahaan ESA membuat sebuah movement dengan basis tuning fork ini dengan dibawah lisensi dari Bulova sebagai pemegang hak cipta. Movement yang dihasilkan adalah tuning fork dengan frekwensi 300hz. Movement ini akhirnya menjadi sebuah mesin electronic yang paling banyak digunakan pada saat itu.

 
Omega electronic dalam koleksi saya tidak memiliki seri (Seamaster, Geneve atau Constellation) tapi hanya Omega Electronic. Movement electronic-nya sudah bersertifilat chronometer dengan tingkat akurasi -/+ 2 detik perhari dengan cal.1260 (day-date).

 
Desain Omega ini sangat kental ciri desain tahun 70-an. Index balok tebal dengan variasi garis hitam serta variasi pada dial berupa arsiran hitam horisontal di tengah dial. jarum pendek serupa dengan jarum yang ditemui pada serie Cosmic 2000. Dimensi jam ini cukup besar sekitar 37mm dengan panjang sekitar 43mm. Jam ini saya gabungkan dengan rantai elastis berbentuk gelang generik non omega.

Kalau anda penggemar Omega atau berniat mengkoleksi jam Omega vintage harus memiliki setidaknya satu jam electronic tunig fork seperti ini supaya perjalanan Omega dalam dunia horologi menjadi lengkap.


0 Responses So Far: