OMEGA Speedmaster Mark 2 cal.861


 

Omega speedmaster mark 2 diperkenalkan sejak tahun 1969 dan tipe ini merupakan ‘evolusi’ dari tipe klasik ‘the moonwatch’. Model ini bersama dengan model mark 4 adalah tipe-tipe yang menuliskan kata professional pada dial. Sedangkan untuk mark 3 dan mark 5 hanya beberapa saja yang menuliskannya.

OMEGA Mark II diproduksi dalam 3 varian:
1. Dial hitam dengan Stainless Steel Cased adalah tipe yang paling mendekati rupa tipe Moonwatch. (Ref. ST145.014)
2. Dial hitam dan SS case dengan warna Orange/Red/Gray di sepanjang penunjuk menit (Ref. ST145.014)
3. Dial Gold dan Gold case dengan warna tachy Maroon (Ref. MD145.034)

 
Banyak orang yang bertanya-tanya, kalau jam Omega ini adalah Mark 2 kemudian yang mana yang disebut Mark 1? Mark 1 adalah sebutan untuk Omega Speedmaster Moonwatch. Omega moonwatch memang tidak pernah menuliskan Mark 1 pada dialnya namun tipe itu merupakan basis untuk evolusi desain Speedmaster selanjutnya yang diidentifikasikan sebagai Mark sekian.

Desain Mark 2 ini berbeda sekali dengan moonwacht dan lebih terlihat besar karena desain casing yang tidak bulat. namun dial dan movement yang digunakan serupa yaitu cal.861 manual winding. Penanda Tachymeter tidak menempel di casing tapi di kaca yang terbuat dari kristal sehingga kalau tulisan tachymeternya terhapus harus diganti sekaligus dengan kacanya.

 
Saat dibuka terlihat manual movement cal.861 masih dalam keadaan yang sangat mulus (mint). Movement cal.861 ini sangat terkenal ketangguhan dan akurasinya. Casing jam ini juga masih terlihat jelas serat-serat pabrik aslinya dan ini mengindikasikan bahwa jam ini masih belum sering terkena polesan.

Tipe Mark 2 ini pada awalnya juga diusulkan oleh Omega untuk menjadi jam resmi astronout Apollo pada misi penerbangan selanjutnya. bahkan perwakilan Omega di USA saat itu sudah mengirimkan proposal mengenai hal ini ke NASA namun ditolak dengan alasan NASA saat itu sangat sibuk sehingga mereka tidak ada waktu untuk melakukan pengetesan terhadap omega varian baru ini dan akhirnya NASA tetap menggunakan Omega Speedmaster 'Moonwatch' atau Speedy 'Mark 1'.


0 Responses So Far: