How to Store your Vintage Watches?


Salah satu 'penyakit' dari sebuah jam antik apalagi yang sudah berusia lebih dari 50 tahun adalah kondisi dial yang sudah 'berjerawat'. Jerawat ini dapat disebabkan oleh beberapa hal misal karena pernah terkena air atau teroksidasi oleh kondisi kelembaban ruangan. Yang terakhir ini yang paling sering saya temui. Hal ini bisa terjadi karena penyimpanan yang kurang benar. Lihat jam Ebel dibawah ini. Dialnya terlihat sudah terkontaminasi oleh kelembaban dengan cukup berat. Kalau orang bilang dial seperti ini disebut sebagai nikotine dial karena memang seperti bercak nikotin.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh kita adalah menyimpan jam di lemari pakaian atau lemari lain yang bercampur dengan barang-barang lain. Selain kelembaban lemari yang kurang baik untuk jam, seringkali kita bisa lupa karena saat memindahkan baju, jam kita pindah-pindahkan sampai akhirnya jam itu terselip. Seorang rekan 'menemukan' jam Rolex antik milik bapaknya ketika dia sedang beres-beres lemari pakaian. Kondisi jam yang dia temukan sudah berubah warna pada dialnya karena teroksidasi. Jam ini sudah lama sekali tidak ketahuan rimbanya bahkan si bapak pernah 'mengikhlaskan' jam Rolex antik tersebut yang dianggap sudah hilang.

Apabila anda sayang dengan koleksi jam antik anda, cara yang saya lakukan mungkin bisa mengurangi proses kerusakan dial yang bisa terjadi karena salah penyimpanan. Cara yang paling mudah dan murah adalah dengan menyimpan jam antik anda dalam sebuah sealed plastic yang sering kita jumpai untuk menyimpan obat. Usahakan bahwa plastic tersebut masih bagus seal-nya. Akan lebih baik lagi apabila anda meletakkan sebuah silica gel untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi kelembaban. Apabila jam yang anda simpan 2 buah, bisa anda tutupi dengan tissue agar tidak terjadi gesekan-gesekan yang dapat mengakibatkan casing anda tergores (terutama apabila jam anda terbuat dari solid gold!)

Kalau jam anda masih memiliki box-nya akan lebih baik lagi karena desain box jam biasanya sudah dilapisi dengan pelapis yang lembut. Jangan lupa selalu meletakkan silica gel dalam box untuk mengurangi kelembaban.

Beberapa toko jam menjual tempat untuk menyimpan beberapa buah jam sekaligus dalam desain yang menarik. Seperti contoh di bawah adalah kompartemen jam yang sering digunakan oleh toko jam untuk memajang dagangan mereka karena itu kompartemen dengan desain seperti di bawah tidak menggunakan tutup. Desain dan finishing-nya cukup berkelas.

Dan kompartemen jam yang paling sering digunakan adalah koper yang memang didesain untuk menyimpan jam. Nah kalau koleksi anda disimpan di tempat seperti ini akan lebih efisien karena dapat menampung banyak jam dan dengan finishing yang baik pula. Jadi kalau anda 'kangen' dengan jam anda atau anda ingin memperlihatkan koleksi anda tidak repot bawa banyak kotak, tapi cukup 1 koper saja!

Sayangilah jam antik koleksi anda dan mereka layak untuk diperlakukan dengan baik, salah satunya adalah dengan memberikan tempat yang kering buat koleksi-koleksi anda. Akan sangat membanggakan apabila anda memiliki koleksi jam yang usianya jauh lebih tua dari usia anda tapi dalam kondisi yang masih sangat bagus dan dial yang 'segeeerr"..


0 Responses So Far: