ROLEX Oyster Perpetual Date Ref.6534 (SOLD)


Rolex ini sebenarnya sudah menarik hati saya hampir setahun yang lalu ketika saya dan beberapa rekan penggemar jam antik sarapan pagi bersama. Saat itu (seperti biasa) selain makan pagi kami lebih banyak saling menukar informasi dan meng-update akuisisi terbaru dari masing-masing orang. Saat itulah mata saya terpana melihat Rolex 6534 ini.

Setelah penantian yang sekian lama dan usaha yang 'tidak kenal henti' akhirnya 2 minggu lalu teman saya itu mengatakan sudah ikhlas melepas 6534-nya. Hmm..akhirnya dapat juga!

Rolex Oyster Perpetual Date ini merupakan generasi awal dari versi 1500 (date dan bukan datejust). Diameter casing lebih kecil dari tipe 1601 dan menggunakan smooth bezel (yang tidak bergerigi). Sepintas sangat mirip dengan 6694 hanya movement-nya automatic. Jam ini diproduksi pada kuartal I tahun 1957.
Dial berwarna off-white dengan kombinasi index dari bahan emas berbentuk wajik (segitiga ketupat) dan 2 index (angka 6 dan 9) yang berbentuk balok ganda. Jarum jam tipe tombak (dauphine hands) dengan jarum detik terbuat dari blued steel. Movement yang digunakan adalah cal.1030 dengan 25 jewels yang sering disebut sebagai mesin kupu-kupu karena rotor-nya yang menyerupai sayap kupu-kupu. Tanggal pada tipe ini dibuat 2 warna (Roulette date) yaitu angka genap berwarna merah dan angka ganjil berwarna hitam.

6534 ini saya padankan dengan rantai jubille tipis. Ada 2 pendapat mengenai rantai ini. Ada yang berpendapat bahwa 6534 selalu menggunakan rantai oyster tipis, namun banyak juga yang berkata bahwa sebenarnya ada 2 versi 6534 dengan penggunaan rantai yang berbeda yaitu Jubille dan Oyster. Saya mendapati beberapa jenis 6534 di internet banyak juga yang menggunakan rantai jubille. Untuk pasar Eropa, tipe 6534 ini memiliki value lebih tinggi dari tipe penggantinya (1500 dan 1601 untuk datejust), bahkan beberapa menyebutnya sebagai Rare item terutama apabila kita bisa mendapatkan 6534 dalam kondisi masih baik dan mulus.

Saya sangat suka dengan Rolex yang masih menggunakan dauphine hands dan blued steel second hand karena menurut saya klasik sekali dan sexy! 6534 saya ini kondisinya masih sangat baik dengan aging pada dial yang merata. Apalagi setelah dikenakan rasanya pas sekali!

SOLD


0 Responses So Far: