POLJOT Chronograph Aviator ca.1973 (SOLD)


Uni Soviet (saat masih ada dulu) banyak memproduksi jam-jam yang cukup baik dengan jenis dan corak yang beraneka ragam. Salah satunya yang banyak dikoleksi adalah jam jenis chronograph dan jam-jam militer.

Jam yang saya ulas kali ini adalah Poljot Aviator Chronograph dengan menggunakan movement cal.3133 manual winding dengan 23 jewels, diproduksi sekitar tahun 1973 di Uni Soviet. Movement ini di-klaim merupakan replika dari movement chronograph buatan Valjoux manual, hanya yang membedakan adalah dari kualitas bahannya. Jam ini memiliki 2 register chronographs dan penunjuk tanggal di angka 6. Yang unik dari jam ini adalah adanya rotating bezel yang terletak didalam (inner) dan untuk menggerakkannya dengan memutar kenop yang ada di sebelah kiri.

Kelemahan dari jam ini adalah dari pemakaian casing-nya. banyak dari jam Soviet saat itu menggunakan bahan casing base metal dan bukannya stainless steel. Saya tidak tahu apa alasan dibalik penggunaan materi ini. Pengalaman saya selama menggunakan jam ini adalah mesin-nya yang bandel dan jarang rusak. Tipe lain yang serupa dengan Poljot Aviator ini diberi merek Strumanskie dan warnanya abu-abu muda.

Sebenarnya secara umum jam-jam dari Soviet cukup bagus hanya saja pemakaian casing dan kadang desain serta corak dial face-nya kurang begitu menarik (kecuali untuk orang-orang yang menganggapnya itu sebagai keunikan tersendiri). Karena itu jam-jam Soviet biasanya dijual murah. Untuk yang tipe biasa berkisar antara Rp.100 ribu sampai Rp.250 ribuan, sedangkan untuk chronograph bervariatif antara Rp.500 ribu sampai Rp.1 jutaan. Bandingkan dengan jam chronograph dengan movement Valjoux (yang notabene konstruksinya serupa dengan 3133) akan dihargai minimal Rp.3 jutaan.

Saya sebenarnya tidak begitu suka dengan jam-jam buatan Uni Soviet tapi untuk yang satu ini merupakan pengecualian. Jam ini saya beli sekitar tahun 2004 awal dan merupakan jam vintage chronograph pertama yang saya beli.

SOLD


0 Responses So Far: