OMEGA Seamaster Diver 200m Pre-Bond (SOLD)


Pucuk dicinta ulam tiba! beberapa bulan lalu saat saya mengunjungi sebuah toko jam saya melihat sebuah jam Omega Seamaster Diver yang berbeda dan unik desainnya. Sayang sekali Omega yang saya lihat saat itu ber-movement quartz dan dengan kondisi yang tidak begitu mulus.

Hari ini saat mengunjungi seorang rekan saya melihat kembali jam tersebut dengan kondisi dan desain yang jauh lebih baik! Omega Seamaster ini sering juga disebut sebagai Seamaster Diver 200m Pre-Bond, karena memang setelah tipe ini diskontinu desainnya berubah menjadi seamaster james bond yang sering kita lihat masih banyak dijual.

Bagi sebagian orang mungkin desain Omega Diver ini tidak menarik karena bentuknya yang mungkin dirasa kurang maskulin. Namun desain ini bagi saya unik dan tidak seperti jam Omega Diver yang lain.

Ukuran jam ini merupakan ukuran full size dengan diameter 40mm. Bezel dapat berputar satu arah dengan material terbuat dari emas kuning 18K. Jarum jam menggunakan desain mercedes hands karena bentuk jarum jam yang mirip dengan logo mobil Mercedes Benz. Desain ini kemudian tidak lagi digunakan pada seri jam Omega diver lain.

Rantai menyatu dengan casing jam dan dengan desain yang unik juga. Desain rantai seperti ini mengingatkan saya pada jam Patek Phillipe Nautilus yang merupakan jam diver juga. Pada folding clasp terdapat logo dan tulisan omega yang terbuat juga dari 18K YG. Movement yang digunakan adalah automatic cal.1111 yang sudah mendapatkan sertifikat chronometer. Movement ini juga digunakan pada tipe Omega constellation yang dibuat pada tahun yang sama (90an).
Movement automatic chronometer cal.1111 dibuat oleh ETA dengan basis automatic movement ETA cal.2892-A2. Modifikasi dilakukan khusus oleh ETA untuk Omega dan tidak dibuat untuk brand yang lain. ETA Cal.2892-A2 sendiri dikenal sebagai automatic movement yang handal, presisi dan paling banyak digunakan oleh brand-brand jam swiss ternama. Oleh Omega, cal. 2892 ini dinamai cal.1111 dan kemudian di upgrade kembali pada tahun 1994 menjadi cal.1120 dan digunakan pada jam Omega Diver tipe James Bond.
Omega mengeluarkan beberapa tipe desain untuk cal.1111 namun perbedaannya tidak mencolok. Sebagian besar Omega Diver seperti ini tidak bersertifikat chronometer dan tulisan pada dialnya adalah Seamaster proffesional 200m. Beberapa orang dalam forum yang berbeda mengatakan bahwa jam diver omega tipe ini termasuk jarang bisa ditemui dalam keadaan baik apalagi yang tipe ring gold dan bermovement chronometer.
SOLD


0 Responses So Far: