Sunday, 24/02/08


Hari Minggu tanggal 24 Februari 2008, saya mengunjungi salah seorang penggemar jam antik senior yang sedang sakit. Seperti biasa, apabila bertemu selalu yang dibicarakan adalah sekitar jam-jam antik dan mengomentari kecenderungan harga Rolex vintage yang semakin "gila" harganya. Kebetulan siang itu datang lagi seorang penggemar jam antik, Reza yang membuat diskusi semakin menarik.

Mumpung bertemu dirumah, saya minta sang teman sebagai tua rumah untuk menunjukkan sebagian koleksi-koleksinya. Dan sekarang saya sharing untuk anda.

1. MIDO Multifort automatic,merupakan Re-edition dari versi awal Mido Multifort. Edisi baru ini dimensinya lebih besar. Semua masih orisinil dari mulai crown, mika, tali dan kotak serta surat sertifikat.

2. Jaeger Le Coultre Ultra Thin, jam atomatic ini keluaran awal sekitar tahun 70-an dan diklaim sebagai jam mekanik tertipis yang pernah dibuat. Movement yang digunakan adalah manual winding yang memang tipis banget ...dan dalam kondisi yang buagus banget !

Diameter jam sekitar 36mm, desain sederhana namun harganya tidak sederhana :-)

3. OMEGA Solid gold, jam ini ber-movement manual dari keluarga kaliber 4XX yang dibuat sekitar akhir tahun 50-an. Casing solid gold 18K dengan sub second dial. Simple, elegan dan sangat klasik. Sepintas desainnya sangat mirip dengan Patek Phillipe. Kondisi jam Mak Nyus!


4. OMEGA Geneve Dynamic. Jam ini sangat retro sekali penampilannya. Bentuk casing dan rantai sangat ergonomis sehingga nyaman saat dipakai. Ber-movement manual yang kemungkinan dari keluarga kaliber 6XX produksi tahun 70-an. Yang menarik dari Omega ini adalah desain dialnya yang sangat menarik dengan komposisi beberapa warna. Kondisi NOS!


5. ROLEX Automatic seri 6565 dengan dial yang sudah sangat aging namun semua tulisan masih bisa dibaca dan kondisi masih original. Produksi sekitar tahun 60-an dengan pengunaan huruf Rolex yan masih menggunakan huruh besar semua dan berbentuk Arial font. Jarum jam berbentuk pedang (dauphine hands) dan indeks berbentuk menyerupai wajik. Yang menarik dari Rolex ini adalah desain bezel yang flueted bezel (bercorak dan tidak rata). Rantai oyster tipis masih sangat baik dan kencang.


6. ROLEX Oysterdate 6494, aslinya dial berwarna hitam dan karena proses oksidasi berubah warna menjadi seperti kecoklatan. Warna tanggal 2 warna yaitu: tanggal genap berwarna merah dan tanggal ganjil berwarna hitam. Jarum jam menggunakan jarum berbentuk daun (leaf hands). Semua masih original mulai dari crown, mika dan rantai. Kondisi sangat baik dan "berwibawa"!


7. ROLEX Thunderbird 1625 white gold bezel, Ini merupakan salah satu jam kesayangan dari si tuan rumah. Kondisi MINT untuk jam yang seusia (perkiraan produksi tahun 60-an).


8. Dari semua koleksi diatas kayaknya langsung "sungkem" begitu jam ini dikeluarkan dari tempatnya. ROLEX RED SUBMARINER! Dibeli dari baru pada tahun 70-an dan merupakan jam kesayangan dari keseluruhan koleksi. Kondisi sangat baik dengan proses aging (patina) yang sangat terlihat terutama pada index dan jarum jam.

Menurut si empunya, jam ini dulu adalah jam yang dipakai sehari-hari untuk kegiatan apapun sampai berenang di laut dan menyelam. Pernah di service di Rolex Service Centre pada akhir tahun 90-an dan oleh tim service kondisinya dikembalikan seperti awal waktu beli.
Well,memang aura gagah dan wibawa-nya Red Submariner ini memang tidak bisa disaingi oleh tipe apapun....
Jam 12.15 obrolan selesai dan kemudian dilanjutkan dengan "tour" ke beberapa tempat yang menjual jam-jam antik di wilayah jakarta selatan. Kesimpulan tour itu adalah: Harga Rolex mika semakin naik dan terutama untuk yang tipe sport sudah kebangetan naiknya....!


0 Responses So Far: