OMEGA Seamaster Cosmic from 70s


Sampai saat ini saya masih belum dapat informasi yang detail mengenai Omega Seamaster Cosmic ini. Omega pernah membuat Omega Cosmic tahun 40-an dengan fungsi moonphase dan triple date calendar. Dan desainnya sangat berbeda dengan Cosmic yang beredar sekitar awal tahun 70-an.

Sebagian besar desain Omega Seamaster Cosmic merupakan casing monobloc (monocoque) dan apabila hendak membuka dan melihat mesin harus dibuka lewat atas (kaca mikanya). Hal ini mempersulit seorang tukang service kalau dia tidak cakap atau tidak punya alat untuk membuka dengan cara seperti ini. Akibat yang sering terjadi adalah, kaca retak atau bahkan pecah.

Omega Cosmic ini sudah mengadopsi quick set date yaitu dengan cara kenop ditarik 2 kali untuk membuat tanggal berpindah dan cara ini sering disebut sebagai sistem pompa. Desain dial silver (putih?) dengan variasi cross hair (2 garis melintang) pada dial. Rantai merupakan rantai khas tahun 70-an dengan desain seperti untaian beras. Kondisi dial sedikit kotor dan perlu dibershikan, namun akurasi dan power reserve masih prima.



0 Responses So Far: