MIDO Matic Alarm Watch ca.1972


Jam alarm sangat identik dengan Vulcain dengan product Cricket-nya. Vulcain sudah memulai produksi jam alarmnya sejak tahun 50-an dengan movement manual winding. Pada tahun 70-an banyak bermunculan jam-jam dengan penambahan fungsi alarm namun dengan movement automatic. Salah satunya adalah jam ini: MIDO Matic alarm.

Penampilan jam Mido ini kelihatan sporty dengan dial face dan jarum jam berwarna silver dan khusus untuk penunjuk jam alarm berujung lancip berwarna hitam.
Movement yang digunakan dibuat oleh A. Schild cal.5008 yang merupakan automatic alarm movement dan memiliki 25 jewels. Movement ini adalah movement pertama dan hanya satu-satunya yang memiliki 2 barrel automatic alarms (dua mainspring). Movement ini banyak dibilang sebagai high grade untuk alarm mekanikal movement karena memiliki vibrasi 28,800 bph, sehingga jalannya sangat halus. Movement ini diperkenalkan kepada publik sekitar awal tahun 1970 dan hanya dibuat beberapa tahun saja dengan total produksi sekitar 175,000 buah movement yang dipergunakan oleh beberapa brand. Movement ini merupakan dasar dari movement alarm yang kini digunakan oleh beberapa brand seperti: Girard-Perregaux, Maurice LeCroix, Mont Blanc, dll.


0 Responses So Far: