UNIVERSAL Polerouter Geneve 1960s (SOLD)


Saat berkunjung ke sebuah kota di Jawa Tengah saya berkenalan dengan seorang bapak yang hobinya (dan bisnisnya) adalah barang-barang antik dan lukisan. Namun bapak ini lebih dikenal sebagai kolektor lukisan. Dari sekian banyak koleksi barang antiknya ternyata beliau juga menyimpan jam-jam antik dari banyak merek dan karena tidak pernah dilihat lagi, jam-jam tersebut tidak terurus.

Saat ngobrol-ngobrol dan membongkar-bongkar koleksi jam-nya yang banyak itu saya melihat jam Universal ini, karena jam inilah yang kondisinya paling baik. Universal ini termasuk dalam seri Polerouter dan tipenya adalah Universal Polerouter Geneve.

Universal polerouter tipe geneve ini diproduksi sejak Desember 1960 sampai akhir 1968. Tipe ini selalu memiliki lugs yang ramping (Short straight lugs) dan keluar dalam beberapa versi yang berbeda seperti dengan atau tanpa tanggal, casing dengan menggunakan inner index dan tidak , jarum berbentuk runcing (dauphine) dan lurus (seperti gambar diatas), penggunaan logo U atau tidak pada dial, serta penggunaan dial yang biasanya berwarna silver atau keemasan (tapi bukan kuning). Dial jam ini berwarna keemasan dengan seperti ada pembagian 4 kuadran yang memperlihatkan finishing yang berbeda. Jadi apabila dilihat seolah ada garis yang tidak terlihat membagi dial menjadi 4 bagian.

Tidak seperti Polerouter yang lain, tipe ini tidak memiliki logo Universal di caseback-nya, hanya terdapat nomor tipe jam ini yaitu 204604 (seri untuk versi steel). Caseback menggunakan sistem putar untuk membukanya. Jam ini (sampai posting ini dilakukan) sulit sekali dibuka karena sudah sedemikian lama tidak pernah dibuka sehingga movement tidak bisa dilihat. Movement diperkirakan menggunakan micro rotor cal.218-9 atau 1-69. Jam ini masih berjalan dengan baik dan akurat. Ukuran jam ini tidak begitu besar, diameter sekitar 34-35 mm.
Apabila dibandingkan dengan Omega Seamaster cal.562 kelihatan mirip sekali terutama pada desain casing yang menggunakan lugs short straight, bentuk jarum dan casing yang ramping. Kemiripan ini dikarenakan kedua jam ini diproduksi pada kurun waktu yang sama yaitu tahun 60-an. Hanya saja dimensi Omega lebih besar sedikit.


Saat saya sudah kembali ke jakarta, beliau telpon lagi dan mengatakan "Saya barusan nemu 1 kotak lagi koleksi jam-jam saya, kapan-kapan kalau dolan kesini bisa lihat-lihat lagi mas".

Wah, dengan senang hati, pikir saya.

SOLD


0 Responses So Far: