The First KING SEIKO from 1961


Dalam awal product line Seiko terdapat 2 tipe yang diproduksi dengan tujuan salah satunya untuk menyaingi dominasi jam-jam mekanik Swiss, yaitu Grand Seiko dan King Seiko. Untuk Grand Seiko sampai saat ini masih diproduksi dengan menggunakan teknologi yang terbaru yaitu Spring Drive.
Seiko dalam koleksi saya ini merupakan jenis KING SEIKO dari generasi pertama dan termasuk langka karena sangat jarang bisa ditemui. Versi ini dibuat pada tahun 1961 dan berhenti produksi (diganti dengan desain lain) pada tahun 1964. Generasi awal KS tidak seperti versi KS yang banyak dijumpai yaitu tulisan SEIKO dibawah angka 12 dan tulisan KS diatas angka 6. Pada case back terdapat engraved ciri logo KS yang berbentuk seperti perisai.
Desain KS ini sangat sederhana dan tanpa penunjuk tanggal. Desainnya sangat klasik dan sederhana dengan penggunaan index baton dan jarum berwarna silver. Versi awal KS ini dibuat dalam 2 versi yaitu steel dan gold plated. Movement Diashock manual winding dengan 25 jewels caliber versi 44XX.
Kondisi dial sudah terkena proses aging namun semua tulisan masih jelas terbaca. Bentuk casing jam ini sedikit lebih besar dari jam seiko biasa (sekitar 36-37mm) dan desainnya seperti casing Omega pada tahun yang sama.


0 Responses So Far: