SEIKO 5 Diver 100m automatic (SOLD)


Seiko 5 pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 70-an. Angka 5 digunakan untuk menunjukkan 5 atribute yang menyertai tipe tersebut. Atribut-atribut tersebut adalah: 1. Autaomatic, 2. Water resistant, 3. Shock resistant, 4. Date dan 5. Day. Khusus untuk feature date sebenarnya bukan hal yang baru karena tipe-tipe sebelum Seiko 5 sudah memakai fungsi date di jam-jam mereka. Jadi sebenarnya Seiko 5 adalah “Seiko 4”. Walau saat ini banyak tipe jam Seiko yang sudah memiliki kelima feature diatas namun tidak semua jam Seiko disebut sebagai Seiko 5 dan brand Seiko 5 tetap dipertahankan sampai sekarang.

Seiko 5 dalam koleksi saya ini merupakan versi diver untuk 100 meter. Desainnya unik dengan menggunakan rotating bezel berwarna merah marun dan dial face berwarna kuning kunyit. Konstruksi bezel tidak bulat sempurna tapi bersiku-siku. Casing terkesan gagah dengan aksen seperti baut di setiap sudut casing. Rantai menggunakan pola balok dan terlihat menyatu dengan desain casing.

Movement yang digunakan adalah automatic cal.6309. Caliber ini dibuat dalam kurun waktu 1976 - 1988 dan merupakan salah satu movement yang bandel dan digunakan pada tipe jam diver non Seiko 5 sebelumnya. Kode jam ini adalah 6309-730B dan perkiraan produksi adalah akhir tahun 80-an.



SOLD


0 Responses So Far: