SEIKO 1st Quartz Chronograph


Love at the first sight! itulah perasaan yang saya alami saat melihat SEIKO chronograph ini terutama karena kondisinya yang nyaris seperti baru! padahal usia jam ini bisa lebih dari 20 tahun.
SEIKO ini adalah Seiko quartz chronograph pertama yang dibuat oleh perusahaan jepang ini.

Movement quartz menggunakan cal.7A28 yang diyakini banyak penggemar Seiko sebagai salah satu the most accurate quartz movement. Seiko jenis ini diproduksi sejak tahun 1983 sampai dengan tahun 1990. Movement dengan 15 jewels ini semua part-nya terbuat dari metal dan tidak ada satupun ada materi plastik (seperti jam quartz pada umumnya). Karena tingkat akurasinya yang tinggi, British Royal Airforce meminta Seiko untuk men-supply jam tangan kepada mereka yang dibuat sebanyak 11,000 buah. Desain yang disupply oleh Seiko berbeda dengan versi massalnya, terutama tidak adanya penunjuk Tachymeter pada bezelnya (lihat gambar dibawah).

Design Seiko chronograph ini memiliki 3 sub registers yaitu untuk penunjuk menit, 1/10 detik dan penunjuk 60 detik. Karena desainnya mirip dengan Omega Speedmaster maka para penggemar Seiko sering menyebut jam ini sebagai Seiko Speedmaster. Perbedaan dengan jam chronograph lainnya adalah pada jam ini terdapat 3 tombol fungsional untuk mekanisme chronograph (biasanya hanya 2 buah) dan crown untuk memutar jarum jam ada di posisi angka 8.

Ukuran jam ini cukup besar dengan diameter 40mm dan ketebalan 10mm serta dimensi lug sekitar 20mm. Untuk sebuah jam quartz chronograph jam ini cukup tipis dan nyaman di pergelangan tangan. Kondisi nyaris seperti baru (SUPER MINT!)



0 Responses So Far: