Last breakfast in 2007 (31/12/07)


Pada tanggal 31 Desember beberapa rekan penggemar jam antik mengadakan "breakfast meeting" yang terakhir di tahun 2007. Kegiatan kali ini dilakukan mendadak sehingga tidak sempat untuk mengundang rekan-rekan lain sesama penggemar jam antik. Pagi itu masing-masing membawa beberapa koleksinya.


Jam 8 tepat sudah berkumpul di Daily Bread Wisma Metropolitan Sudirman, beberapa rekan yang sempat dihubungi dan menyatakan kesanggupan untuk datang. Masing-masing adalah Pak Acil, Bang Marga, Bung Arif (Blog owner) dan Reza.
Pagi itu ternyata jumlah koleksi yang terkumpul sekitar 40-an jam antik dari rentang tahun 1930 sampai tahun 80-an. Setelah berbasa-basi sebentar dan memesan minuman, masing-masing membuka satu persatu koleksi yang dibawa dan diletakkan begitu saja di meja.

Bapak Ibu sekalian, inilah "kembang" dalam pertemuan pagi itu: Rolex vintage! Dari atas searah jarum jam: Rolex 6494 manual-dark brown dial produksi sekitar tahun 1947, 6534 automatic-white dial dari tahun akhir 50-an, 6694 manual-black matte dial tahun 70-an awal, 1675 GMT black bezel dari awal 70-an, 6609 early Thunderbird-automatic white dial produksi 60-an, Bubble back solid gold dari tahun 40-an dan 16013 dengan gold dial dan hand painted roman number-automatic produksi 80-an.

Pagi itu para member banyak mendiskusikan beberapa jenis jam antik yang unik dan menarik. Masing-masing sharing pengetahuan tentang jam yang didapat dan juga memberikan komentar dan pandangan mengenai masing-masing koleksi yang ada di meja. Pak Acil dengan antusias memberikan penilaian dan pandangannya mengenai jenis Rolex dan Omega yang dibawa oleh salah satu member pagi itu.

Ada "kejutan" kecil pagi itu dengan hadirnya 3 generasi Seiko GMT. Dari arah kiri adalah Seiko GMT Navigator Timer cal.6117 dengan GMT bezel yang berwarna hitam dan lengkap dengan rantai original, Seiko GMT Navigator Timer blue and red bezel cal.6117, keduanya adalah Seiko GMT generasi ke-3. Kemudian berikutnya generasi ke-2 yaitu Seiko World timer orange hand cal.6117 dan terakhir yang merupakan generasi pertama adalah Seiko World timer cal.6217 dengan dark grey dial. Kesemua Seiko GMT ini dalam keadaan mulus!

3 orang member ternyata memiliki kesukaan yang sama terhadap model Seiko yang satu ini: Seiko automatic chronograph "Mickey Mouse" dan masing-masing (kecuali milik bung Arif) membawa serta pasangannya: Black and Brown Mickey! Semua Seiko Mickey Mouse ini dalam keadaan mulus dan terutama Black Mickey milik Bang Marga kondisinya New Old Stock (NOS)!

Untuk dapat melihat dengan jelas detail dari masing-masing jam antik ini, Bang Marga sengaja membawa serta kaca pembesar (magnifier) dan tools untuk pembuka casing untuk melihat movement. Seluruh koleksi yang dibawa memiliki dial yang orisinil dan tidak ada yang re-painted, meskipun dial tersebut sudah berubah warna karena usia namun tetap dipertahankan keasliannya.
Diskusi semakin menarik dan tanpa terasa sudah hampir 2 jam waktu berlalu dan pukul 10 pagi kurang 5 menit acara selesai. Beberapa koleksi akhirnya berpindah tangan pagi itu antar sesama member.
Catatan akhir:
Koleksi-koleksi yang kami miliki tidak semuanya berharga mahal karena bagi kami mahal atau murah bukan hal penting. Bagi kami yang paling penting adalah kepuasan hati dan karena memang kami membeli yang kami suka tanpa ada "paksaan" pada merek-merek tertentu.
Daily Bread, Wisma Metropolitan Jakarta 08.00 - 09.55 WIB.


0 Responses So Far: