Beware of FAKE Omega Seamaster 300 Military!


Berulang kali saya melihat jam Seamaster tipe Seamaster 300 Diver yang abal-abal (kanibal). Saya sebut abal-abal dan kanibal karena memang jam tipe ini tidak seluruhnya palsu karena banyak yang saya temui menggunakan movement asli dari Omega. Omega tipe ini juga ada yang versi militer dengan adanya tambahan huruf T dalam lingkaran yang dicetak pada dial jam (lihat gambar diatas) dan grafir angka-angka yang merupakan kode logistik dari British Military (lihat gambar di bawah). Tipe military sudah masuk dalam kategori Very rare Omega karena memang tipe ini tidak banyak beredar. Kedua gambar diatas dan dibawah adalah Omega yang asli dari tipe tersebut.

Dalam posting ini saya akan coba paparkan cara mengidentifikasi Omega Seamaster 300 yang palsu, agar anda tidak "kejeblos" membeli Omega abal-abal.
Pada case back tertulis Certified High Pressure - Waterproof Seamaster. Untuk yang asli, huruf A pada tulisan Waterproof berbentuk datar pada ujungnya sedangkan yang palsu Huruf A-nya runcing.


Pada beberapa jam Seamaster 300 palsu melakukan kesalahan pada penulisan CERTIFIED dan hanya dituliskan CERTIFED, Ngantuk kali ya yang ng-grafir......

Semula saya mengira bahwa grafiran angka-angka pada kode loistik militer tidak bisa ditiru dan dipalsu, ternyata kualitasnya mendekati asli bahkan bisa lebih baik. Untuk mengidentifikasi yang palsu sebenarnya mudah, karena mereka biasanya hanya mengunakan angka yang sama pada angka terakhir yaitu: A/254/67. Contoh dibawah adalah jenis dan kualitas grafiran dari jam yang palsu. Bagus kan kualitasnya? coba bandingkan dengan gambar kedua dari atas untuk grafiran angka dari omega yang asli.
Dan coba perhatikan lagi, selain angka-angka tidak ada tulisan lain atau grafiran gambar dari Seamonster yang merupakan logo dari jam Seamaster.

Identifikasi pada dial bisa dilihat dari bentuk angka dan desain dari index batonnya. Pada yang asli, bentuk angkanya lebih ramping dari yang palsu. Pada yang palsu, angka 9 terlihat terlalu dekat (mepet) dengan index batonnya. Dan bisa juga dilihat dari tulisan "Swiss Made" yang terletak di bawah angka 6. Untuk yang palsu biasanya tulisan Swiss Made nya sebagian tertutup leh casing (maaf gambar tidak ada).


Pada versi Seamaster 300 dengan penambahan fungsi Date, versi asli memiliki garis di sekeliling jendela Date sedangkan yang palsu tidak ada. Movement jam palsu untuk tipe ini banyak menggunakan movement asli Omega. Movement yang dipakai untuk jam yang asli adalah cal.552 untuk tipe non-date dan saya pernah lihat yang palsu menggunakan movement yang mirip yaitu Omega cal.752.
Posting ini saya ambil dari sebuah review di internet yang mengulas mengenai identifikasi fake omega. Semoga informasi ini dapat berguna bagi para penikmat jam antik khususnya merek Omega.


0 Responses So Far: