Sellita: The New Movement Suplier for Swiss watches


Selama ini para penggemar jam tangan mengakui bahwa hanya segelintir perusahaan jam yang memproduksi sendiri (inhouse) movement yang digunakan di jam mereka. Merek-merek papan atas seperti Patek Phillipe, Breguet, Vacheron constantine dll dipercaya masih memegang teguh prinsip bahwa movement harus dibuat inhouse untuk menciptakan eksklusifitas dan bukannya membeli dari perusahaan lain. Karena itu harga-harga jam tersebut lebih mahal dari merek lain karena mereka beralasan bahwa biaya R&D dan branding-lah yang membuat harga kian menjulang, selain juga karena mutu jam tersebut yang memang terbaik.

Bagaimana dengan merek-merek lain seperti Omega, Oris, Bell&Ross dan masih banyak merek lainnya? Omega memang memutuskan bahwa sejak tahun 80-an mereka tidak lagi memproduksi movement sendiri dan beralih mencari movement dari luar dan kemudian dimodifikasi untuk jam-jam mereka. Seperti gambar Jam Omega dibawah menggunakan basis movement yang dibuat oleh ETA Valjoux cal.7752 (modifikasi). Namun Omega kembali mulai berniat untuk membuat movement sendiri sejak tahun 2000-an dengan keluarnya generasi Co-axial movement yang didesain oleh George Daniel. Namun movement inipun hanya akan digunakan pada jam-jam kelas premium mereka.

Lantas darimana merek-merek jam Swiss tersebut mendapatkan movement-nya? dari 90% perusahaan pembuat jam di Swiss (dan belahan dunia lain) membeli movement mereka dari ETA, sebuah perusahaan yang fokus utamanya adalah hanya membuat dan merakit movement, baik manual, automatic maupun chronograph dengan beberapa variasi. Kemudian ETA bergabung dengan Valjoux sebagai spesialis pembuat movement chronograph. Penggabungan ini membuat mereka menjadi raja dalam pembuat dan supplier movement.

Tahun 2002, ETA Valjoux yang sekarang dimiliki oleh Swatch Group membuat geger industri jam. Mereka memutuskan bahwa mulai tahun 2010 mereka tidak akan lagi merakit movement dan menjualnya ke pasar dan mereka hanya akan fokus menjual spare part (kit) saja. Mereka seolah "memberi kesempatan" bagi para klien mereka untuk secara pelan-pelan mencari pengganti ETA sebagai supplier. Gambar dibawah adalah contoh movement automatic sederhana yang diproduksi oleh ETA untuk merek-merek Mido, Rado, Titoni, Bell&Ross dll.

Keputusan ETA Valjoux untuk menghentikan pasokan kepada 90% merek jam di dunia membuka kesempatan yang luar biasa besar kepada sebuah perusahaan kecil pembuat movement dan spare part yaitu: Sellita. Sellita bukanlah big player dalam industri jam, namun di tahun 2010 diperkirakan mereka akan menggantikan posisi ETA sebagai perusahaan assembling movement terbesar. Untuk itu sejak tahun 2002 mereka mulai ekspansi pabrik dan teknologi untuk mengantisipasi respon pasar di tahun 2010.

Saat ini produksi mereka memang belum selengkap ETA namun secara pelan-pelan mereka mulai membuat movement-movement manual dan automatic yang tidak kalah bagusnya dengan movement buatan ETA. Gambar dibawah adalah contoh movement manual dan automatic sederhana buatan Sellita. Gambar diatas adalah movement 17 jewels manual cal.2660, dan dibawah adalah movement 25 jewels automatic cal.2671.
Movement automatic yang diproduksi oleh Sellita mulai menuai banyak pesanan. Beberapa merek yang saat ini sebagian produknya mulai memakai movement automatic buatan Sellita adalah Invicta, Maurice Lacroix dan Oris serta beberapa merek yang belum dikenal di Indonesia. Contoh dibawah adalah jam Oris yang telah menggunakan movement buatan Sellita.


Dampak dari keputusan ETA tersebut sangatlah besar dan mengguncang, terutama pada merek-merek yang selama ini sangat tergantung pada mereka. Beberapa merek besar secara perlahan mulai mendorong R&D mereka untuk mendesain sendiri movement-nya. Beberapa merek bahkan sudah memiliki prototipe, namun mereka belum menerapkan pada semua desain atau produk-produk mereka. Merek-merek seperti Maurice Lacroix, Bulgari, Panerai sudah mengumumkan bahwa mereka sudah memiliki beberapa desain untuk movement inhouse mereka.

Selama ini kiblat kita untuk jam masih Swiss karena mereka menghasilkan banyak jam dengan merek-merek yang begitu banyak dengan kualitas yang bagus. Namun kalau kita cermati ternyata movement yang digunakan sebagian besar berasal dari satu pabrikan yaitu ETA Valjoux. Jadi sebenarnya kita hanya beli desain dan merek nya saja. Ada satu merek yang tidak high profile namun memproduksi sendiri movement-nya yaitu Seiko. Karena itu Seiko sama sekali tidak khawatir dengan perubahan besar dalam industri jam ini. Lha wong dari dulu movement-nya buat sendiri....


0 Responses So Far: