SEIKO 1st World Time watch ca.1964


Saat banyak produsen jam mengeluarkan versi jam world time, SEIKO juga mengeluarkan tipe jam yang sama pada periode awal tahun 60-an. Saat itu Seiko World Time menggunakan movement automatic cal.6217 dengan 17 jewels dan 18,000 bph, movement dengan calibre ini hanya diproduksi sampai tahun 1968 saja. Pada tahun 1965 movement ini juga digunakan pada jam diver pertama Seiko yang saat ini sering disebut sebagai salah satu "The rarest diver watch".

Seiko world time ini menuliskan 30 nama kota di dunia di inner bezelnya dan pada bagian dalam terdapat penunjuk waktu 24 jam yang ditunjukkan dengan jarum berwarna hitam. Seiko mengeluarkan 2 jenis dial yaitu warna gelap (hitam atau abu-abu tua?) dan silver dengan kombinasi bezel putih. Setelah produksi cal.6217 dihentikan, Seiko world time menggunakan movement baru dengan cal.6117. Pada desain dial awalnya hanya perubahan kecil yang dilakukan. Misal, warna jarum GMT dirubah menjadi warna merah dan tulisan World time diletakkan di atas angka 6. Kalau pada generasi pertama, Tulisan World time diletakkan dibawah tulisan Seiko dan diatas angka 6 dituliskan Automatic Diashock 17 jewels. Gambar dibawah adalah Seiko World Time generasi ke-2.
Ukuran jam ini cukup besar, sekitar 38mm dengan peletakan crown di posisi angka 4. Untuk memutar inner bezel adalah dengan memutar crown bisa ke bawah dan keatas. Saat ini Seiko World Time generasi pertama ini termasuk jenis Seiko yang langka dan semakin banyak kolektor yang mencarinya.


0 Responses So Far: