Hewlett Packard 01 Calculator Watch from 70s


Rare "Nerd" LED watch from late 70s

Sepintas kalau anda lihat jam ini tidak berbeda dengan jam ABG yang banyak beredar dan dijual dari toko-toko di mall sampai di kaki lima. Tapi kalau anda perhatikan secara seksama, jam ini sungguh jauh dari jam mainan. Coba perhatikan penjelasan dibawah.
Jam ini awalnya diproduksi oleh perusahaan alat-alat elektronik Hewlett Packard (HP) pada tahun 1977 – 1980 dan dinamai HP model 01 (HP-01). Jam ini bukan hanya menggabungkan fungsi jam dan kalkulator saja namun banyak proses komputasi yang bisa dilakukan. Dial jam ini memiliki 28 tombol-tombol kecil. 4 tombol diantaranya dibuat menonjol agar mempermudah si pengguna mengoperasikannya. Tombol-tombol itu adalah D (Date), A (Alarm), M (Memory) dan (T) Time. Tombol-tombol lain dapat dioperasikan dengan menggunakan stylus atau ujung ballpoint.
Total produksi jam yang dibuat adalah sebanyak 50,000 buah. Pertama kali jam ini dijual dengan harga US$650 untuk versi stainless steel dan US$750 untuk versi gold plated. Harga ini meningkat pada bulan July 1978 menjadi US$695 dan US$850. Saat diperkenalkan ke public, HP-01 hanya dijual di toko-toko jam tertentu saja dan bukan melalui jaringan tokonya. Pada saat itu jam ini termasuk jam yang sangat mahal (harganya yang versi gold filled menyamai harga Rolex pada saat itu). Hampir dari separuh produksi HP-01 dibeli oleh Pangeran dari Arab Saudi. Tidak ada keterangan yang menjelaskan alasan mereka membeli jam ini dalam jumlah banyak.

Hewlett Packard juga menjual sebagian dari jam ini kepada para pegawainya dengan harga yang sangat miring, US$180 saja. Seiring perjalanan waktu, jam HP-01 ini mulai dikategorikan sebagai barang langka dan banyak orang yang mencarinya untuk dikoleksi. Kondisi ini membuat para pegawai HP yang membeli jam ini dengan harga murah, menjual jam-nya ke para kolektor. Harganya menjadi cepat melejit dan bahkan bisa melebihi harga saat pertama kali dijual ke public. Minggu lalu sebuah jam HP-01 versi steel terjual di ebay dengan harga terakhir diatas US$1,200 dan versi gold diatas US$2,000!

Tampilan fisikUkuran jam ini cukup besar dan tebal. Desain lampu LED (Light Emitting Diode) berwarna merah dan warna dominannya adalah hitam, sehingga sepintas jam ini seperti sebuah gadget karena penunjuk jam tidak menyala apabila tombol tidak dipencet. Rantainya terbuat dari solid stainless steel dan nyaman untuk digunakan. Bracelet ini mirip dengan yang digunakan di jam Omega Chrono quartz edisi Olympic Montreal. Sambungan antar bagian pada rantai juga begitu halus sehingga tidak seperti rantai jam lain yang sangat jelas terlihat pin pada sambungannya.
Jam ini memiliki 6 chips yang ekuivalen dengan 38,000 transistor yang disupport oleh 3 buah baterai. 2 buah baterai digunakan khusus untuk display dan sisanya untuk sirkuit. Untuk menyalakan display memang membutuhkan energi banyak, karena itu display selalu dalam keadaan mati dan ketika kita ingin mengetahui jam, maka tekan tombol T dan lampu LED display akan menyala merah.

HP-01 memiliki tingkat keakuratan sebanyak 30 detik pertahun ketika keluar dari pabrik dan dapat dikalibrasi apabila terjadi goncangan yang ekstrim atau karena factor usia. Kalau dikenakan, jam ini sangat eye catching karena bentuknya yang besar dan tampilan dial yang didominasi warna hitam.


0 Responses So Far: