ELECTION Triple date manual winding


Jam-jam triple date sering disebut sebagai salah satu jenis jam kategori complicated karena ada penambahan fungsi tanggal (dengan pointer date), bulan dan juga hari (dengan jendela kecil di bawah angka 12). Jam seperti ini menjadi trend di tahun 40-an dan berkembang hingga tahun 50-an. Banyak merek jam dari yang high end sampai yang biasa membuat versi triple date ini dengan desain yang hampir mirip, ukuran biasanya medium size. Beberapa tipe menambahkan feature moonphase di dialnya.

Jam yang ditampilkan disini berasal dari merek Election. Mungkin banyak dari kita yang belum pernah mendengarnya. Election adalah merek lama yang dulunya (tahun 40-50an) pernah berjaya namun sekarang sudah tidak diproduksi lagi. Triple date Election ini ber-movement manual 17 jewels dan perkiraan produksi akhir tahun 40-an. Untuk penunjuk tanggal menggunakan jarum dengan ujung berupa panah dan desain ini juga diaplikasikan di jarum detik.

Untuk merubah tanggal dan bulan, apabila tidak dengan memutar kenop dapat dilakukan dengan memencet tombol yang berada disisi kiri jam. Tombol diatas untuk merubah bulan dan tombol bawah untuk merubah hari. Ukuran jam ini sekitar 32mm, jadi cukup kecil kalau saya pakai. Jam ini unik, selain karena desainnya juga karena jam ini termasuk dalam complicated watch. Resikonya: kalau rusak tidak sembarang tukang service bisa memperbaiki.


0 Responses So Far: