3 Most Wanted Seiko Diver!


Seperti yang sudah saya singgung dalam posting sebelumnya mengenai Seiko Orange monster, dalam posting kali ini saya akan memperlihatkan 3 jam diver khusus Seiko yang paling banyak dibicarakan dan diminati dalam beberapa forum Seiko di internet. Sayangnya ketiga jenis jam diver ini tidak masuk ke Indonesia secara resmi sehingga kalau anda cari di agen resmi Seiko tidak akan menemuinya.

1. Seiko "Monster" Diver 200m

Seiko Monster keluar dalam 2 versi yaitu dengan dial Orange (SKX 781 K1)dan Black dial (SKX 779 K1). Disebut Monster karena memang tampilannya yang keluar dari pakem jam Diver yang berdesain sederhana dan flat. Desain dari Monster ini seperti "exploded" dan penggunaan bezel yang tidak rata namun cenderung bergelombang. Bagi orang yang fanatik dengan desain jam diver yang konvensional mungkin menganggap bahwa desain Monster ini tidak menarik, namun banyak penggemar Seiko yang berkata sebaliknya. Movement yang digunakan automatic cal.7S26, diameter jam 42mm dengan ketebalan 14mm.


2. Seiko "Black Samurai" Diver 200m

Ini adalah salah satu jenis Seiko Diver yang menurut saya paling menarik karena desainnya cukup sederhana, bersih dan berkesan maskulin tanpa perlu neko-neko. Orang menyebut tipe Seiko SNM011K ini sebagai Seiko "Black Samurai". Black Samurai merupakan sebutan untuk tipe yang stainless steel, karena kenop (crown) Seiko ini berwarna hitam. Sedangkan untuk yang versi Titanium (SBDA001 dan 005), kenop-nya juga terbuat dari Titanium dan mereka hanya menyebutnya sebagai "Samurai".

Movement yang digunakan merupakan movement baru yang sudah di-upgrade yaitu automatic cal.7S35 dengan 23 jewels. Diameter jam 42mm dengan ketebalan 14mm. Keluar dalam 2 versi yaitu dengan bracelet maupun dengan tali karet. Namun sebagian besar pemilik Seiko ini mengganti bracelet atau strapnya dengan tali kulit yang lebih baik dan memang jam ini menjadi lebih menarik apabila menggunakan tali kulit (seperti gambar dibawah). Dial dari Black Samurai ini tidak flat seperti jam diver pada umumnya, tapi berkontur. Saya sudah datangi banyak toko jam tapi tidak pernah menjumpai jam tipe ini. Dan secara tidak sengaja saya melihat sebuah toko jam di Yogya yang memiliki hanya satu-satunya Seiko Black Samurai ini! Harga yang ditawarkan diatas Rp.2 jutaan.

3. Seiko "Sumo" Diver 200m

Ini adalah jenis Seiko Diver yang memiliki grade paling tinggi diantara 2 jam diver diatas. Tipe Seiko ini adalah SBDC005 dan masuk dalam kategori Seiko Prospex. Movement yang digunakan juga berbeda dari jam Diver yang lain yaitu automatic cal.6R15 23 jewels. Dimensi jam ini lebih besar yaitu 44mm dengan ketebalan 13,3mm. Kalau dilihat, desain dari Seiko Sumo ini lebih "halus" dan sederhana dari Seiko yang lain. Seiko Sumo ini keluar dalam 2 versi, black dial dan orange dial serta pilihan menggunakan bracelet atau tali karet.

Seiko Diver sudah dikenal diantara para proffesional diver sebagai jam selam yang dapat diandalkan namun juga harganya lebih bisa terjangkau dibandingkan jam-jam diver sejenis buatan Swiss. Karena itu banyak para kolektor jam sekarang juga mulai melebarkan koleksinya dengan menambahkan jenis-jenis jam Seiko dalam koleksinya.


0 Responses So Far: