LONGINES Ultronic Chronograph: Rare item!


Salah satu milestone dalam horologi (dunia jam) adalah dengan ditemukan dan diaplikasikannya movement yang berbasis electronic, yaitu dengan dipatenkannya Tuning Fork system oleh Bulova pada tahun 1968. Bulova kemudian menggunakan movement ini untuk versi high grade Bulova yaitu Accutron. Dalam promosinya mesin tuning fork ini merupakan movement paling akurat saat itu.

Pada tahun 1976, pabrik movement ESA (Ebausche SA) dengan lisensi dari Bulova membuat mesin Tuning Fork dengan penambahan fungsi chronograph. Movement ini dibuat berkaitan dengan diadakannya Olympiade Montreal Kanada yang membutuhkan sistem perhitungan yang akurat. Pabrik ESA membuat cal.9210 (Longines menyebut movement ini dengan cal.749.2), movement ini merupakan movement chronograph pertama yang berbasis elektronik. Cal.9210 ini merupakan versi upgrade dan improved dari versi sebelumnya yaitu cal.9160 dengan penambahan fungsi chronograph.

Kesuksesan movement cal.9210 ini membuat beberapa perusahaan jam pada saat itu juga memesan movement ini untuk dimasukkan dalam product series mereka. Merek-merek yang pernah memakai movement cal.9210 ini adalah: LONGINES (menamai produknya dengan Ultronik), CERTINA (produknya bernama C-Tronik), MOVADO, dan OMEGA speedsonic (gambar dapat dilihat di bawah). Omega membuat versi ini menjadi certified chronometer dan menamainya dengan cal.1255. Bulova melalui pabrik movement ESA hanya membuat movement ini sebanyak 21,000 buah saja untuk beberapa merek yang disebutkan diatas. Karena itu banyak kolektor jam terutama penggemar jam-jam elektronik berbasis Tuning Fork menganggap jam dengan cal.9210 ini sebagai Very Rare item.

LONGINES Ultronic dalam koleksi saya ini menggunakan modul chronograph buatan Dubois Depraz SA sama dengan yang digunakan dalam Omega Speesonic diatas. Secara bentuk cukup unik, dengan diameter 35mm, tebal 15mm dan rantai ukuran 20mm. Dial face warna putih dengan kombinasi dial hands berwarna hitam sehingga terlihat kontras. Kaca terbuat dari sapphire crystal dan tombol chronograph yang berbentuk kotak memanjang.

Rantai sepintas mirip dengan rantai yang digunakan oleh Omega speedmaster yaitu berbentuk balok-balok dengan clasp yang lebih panjang dari kebanyakan jam lain. Fungsi hari dan tanggal dibuat tidak menyatu diatas gambar logo sayap khas Longines. Case back tidak terdapat logo Longines tapi hanya nomor seri dari produk ini. Logo sayap Longines dapat ditemui pada folding clasp rantai. Secara umum jam ini cukup nyaman dipakai dan tidak terlalu besar. Sepintas desain Longines ini mirip dengan Omega speedmaster cal.1045 yang pernah saya pasang di blog ini juga.

Private collection


0 Responses So Far: