For Sale: ROLEX Sea-Dweller 16600 (SOLD)


Rolex sea-dweller pertama kali diproduksi pada tahun 1971 sebagai jawaban dari permintaan kaum proffesional diver akan jam diver Rolex yang tangguh. Pada awalnya Sea-dweller dibuat untuk kedalaman 660 m dan kini kemampuannya semakin ditingkatkan hingga kedalaman 4000ft atau 1220m!

Rolex sea-dweller ini merupakan seri 16600 dengan menggunakan kaca kristal namun tanpa magnifier (cyclops). Berbeda dengan saudara kembarnya Submariner, kristal pada sea-dweller lebih tebal 1 mm untuk mengatasi tekanan yang ekstrem pada kedalaman lebih dari 1000m dibawah laut. Karena ketebalan kristal ini maka designer rolex menganggap bahwa magnifier (cyclops) tidak lagi diperlukan. bagi sebagian orang, ketiadaan magnifier ini kurang disukai karena ciri Rolex yang klasik seakan hilang. Namun sebagian lagi mengatakan apabila magnifier tetap digunakan dalam sea-dweller ini, penampilan jam akan menjadi tidak menarik karena akan semakin tinggi sosoknya. Demikian juga dengan case back yang dibuat lebih tebal 1mm dari submariner.

Kontruksi se-dweller sepintas mirip dengan submariner terutama tipe 16610. Perbedaan terletak pada ketebalan case yang lebih tebal 4mm dari submariner dan kaca kristal yang lebih tinggi 1mm. Karena itu apabila dipakai sea-dweller akan terasa lebih tinggi (tebal) dan lebih berat di tangan. Perbedaan yang signifikan adalah adanya Helium escape valve yang terletak disisi kiri casing jam. Escape valve ini mutlak diperlukan untuk jam-jam deep diver.

Jam ini juga menggunakan design triplock Rolex yang terkenal untuk mencegah masuknya air. Ukuran crown dan design triplock ini lebih besar dari crown rolex tipe yang lain karena adanya desain gasket karet yang berfungsi untuk penambah hambatan agar tidak ada sedikitpun rembesan air yang masuk.

Dalam casing-nya terdapat automatic movement cal.3135 dengan 31 jewels yang dibuat totally inhouse di pabrik Rolex sejak tahun 1989. Movement ini merupakan high-beat movement dan memiliki oskilasi 28,800 beat per hour (BPH). Cal.3135 juga merupakan movement yang didesain dan dibuat untuk tingkat akurasi yang tinggi dan kekuatannya, sehingga cocok diaplikasikan dalam Sea-dweller.

Rolex Sea-dweller ini masih dilengkapi dengan kotak asli Rolex lengkap dengan sertifikat, buku dan dompet Rolex. Kondisi secara umum sangat istimewa, bahkan sticker hijau di case back masih belum luntur, ini menunjukkan bahwa jam ini jarang dipakai.

Sea-dweller ini bentuknya lebih besar dan lebih berat dari Submariner karena itu perlu waktu untuk membiasakan diri dengannya. Bila digunakan akan terlihat eye-catching karena sosoknya yang besar, tebal dan gagah (walaupun orang yang difoto baru bangun tidur...).

SOLD


0 Responses So Far: